RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMA :
KELUARGA
MAPEL :
MATEMATIKA, IPS
KELAS/ SEMESTER :
III/I
HARI/ TANGGAL :
KAMIS, 29-08-2013
ALOKASI WAKTU :
I.
Standar Kopetensi
1.
Matematika : 1. Melahkukan
operasi hitung bilangan sampai
tiga angka
2.
IPS : 1.
Memahami lingkungan dan melaksanakan
kerja sama disekitar rumah dan sekolah.
II.
Kopetensi dasar
1.
Matematika : 1.3. Melahkukan
perkalian yang hasilnya
sampai 3 angka
2.
IPS : -
Menjelaskan cara merawat lingkungan alam
dengan benar
: - Menjelaskan cara merawat lingkungan
buatan dengan benar
III.
Indikator
1.
Matematika : Melahkukan
perkalian yang hasilnya sampai 3
angka
2.
IPS :
Menjelaskan cara merawat lingkungan alam
- Menjelaskan cara merawat lingkungan buatan
IV.
Tujuan Pembelajaran
1.
Matematika : Melalui demontrasi
siswa dapat menghitung
perkalian
yang hasilnya sampai 3 angka
dengan tepat dan benar.
2.
IPS :
Melalui tanya jawab siswa dapat
- Menjelaskan cara merawat lingkungan alamdengan benar
- Menjelaskan cara merawat lingkungan buatan dengan
benar
V.
Materi Pokok
1.
Matematika : Operasi perkalian
2.
IPS :
Lingkungan alam sekitar
VI.
Media : Batu
Sumber :
Buku Matematika, Buku IPS
VII. Metode :
Ceramah, Demintrasi, Tanya jawab, Diskusi,
Penugasan.
VIII.
Langkah-Langkah Pembelajaran
No.
|
Uraian Kegiatan
|
Pengorganisasian
|
|
Siswa
|
Waktu
|
||
1
|
Kegiatan Awal
|
Klasikal
|
10o
|
|
-
Memberi salam,
berdoa, mengabsen
|
|
|
|
-
Apersepsi
|
|
|
|
-
Memotivasi
siswa dengan bercerita
|
|
|
|
-
Memberi acuan
dengan menyampaikan tujuan pembelajaran
|
|
|
2
|
Kegiatan inti
|
|
|
|
1.
Matematika
|
|
|
|
-
Mengali
pengetahuan siswa tentang perkalian
|
Kalsikal
|
|
|
-
Mendemontrasikan
cara menentkan hasil perkalian
|
Klasikal
|
|
|
-
Penjelasan
singkat tentang melahkukan perkalian yang hasilnya sampai 3 angka
|
Klasikal
|
|
|
-
Berdiskusi mengerjakan
LKS
|
Kelompok
|
|
|
-
Mempersentasikan
hasil diskusi
|
Kelompok
|
|
|
-
Menanggapi
hasil diskusi kelompok lain
|
Klasikal
|
|
|
-
Memberikan
penguatan terhadap hasil diskusi
|
Klasikal
|
|
|
-
Mengerjakan
tugas individu
|
Individu
|
|
LKS MATEMATIKA
Petunjuk ! 1. Carilah hasil perkalian dari bilangan
yang terdapat pada sebelah kiri
2.
Pasanglah pada
bilangan yang terdapat disebelah kanan yang merupakan jawaban yang benar.
1.
32
x 7 a.
850
2.
64
x 5 b.
216
3.
54 x 4 c. 224
4.
425
x 2 d.
363
5.
121 x 3 e. 320
Tentukan hasil
perkalian berikut !
1.
25 x 5 3.
42 x 4 5. 216 x 2
2.
34 x 6 4.
153 x 3
Kunci Jawaban
1.
125 3.
168 5.432
2.
204 4.
456
Petunjuk !
Diskusikanlah cara merawat lingkungan alam dan buatan.
No
|
Ketampakan
|
Alam
|
Buatan
|
Cara merawat
|
1
|
Sawah
|
|
|
|
Lembar Evaluasi
Jawablah pertanyaan
berikut !
1.
Mengapa kita
tidak boleh menebang hutan ?
2.
Bolehkah kita
membuang sampah sembarangan, mengapa ?
3.
Bagaimana cara
memelihara sungai ?
4.
Bagaimana cara
merawat akurium
5.
Apa yang dapat
kita lahkukan untuk mengurangi pencemaran udara ?
Kunci Jawaban
1.
Karena dapat
menyebabkan banjir dan longsor
2.
Tidak
3.
Tidak membuang
sampah dan limbah
4.
Seminggu sekali
akuarium dibersihkan
5.
Menanam pohon
|
||||||
|
|
|||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMA : KELUARGA
MAPEL :
B. INDONESIA, IPA
KELAS/ SEMESTER :
III/I
HARI/ TANGGAL :
JUM’AT 30-08-2014
ALOKASI WAKTU :
5 X 35 MENIT
I.
Standar Kopetensi
1.
Bahasa Indonesia : 2. Mengungkapkan
pikiran, perasaan,
pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita
dan memberikan tanggapan/saran.
2.
IPA : 1.
Memahami ciri-ciri kebutuhan mahluk
hidup serta hal-hal yang mempengaruhinya.
II.
Kompetensi Dasar
1.
Bahasa Indonesia : 2.3. Memberikan tanggapan
dan saran
sederhana
terhadap suatu masalah dengan mengunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
III.
Indikator
1.
Bahasa Indonesia : -
Menanggapi pengalaman teman yang kena
masalah.
-
Menjelaskan dan
menanggapi secara sederhana masalah yang terjadi di sekitar
2.
IPA :
Melalui pengamatan siswa dapat
mengolongkan tumbuhan secara sederhana
dengan tepat dan benar
II. Tujuan
Pembelajaran
1.
Bahasa Indonesia : Setelah proses
belajar mengajar siswa
dapat menangapi
pengalaman teman yang kena masalah
dengan benar.
- Menjelaskan dan menanggapi secara sederhana masalah yang terjadi di sekitar.
2.
IPA :
Melalui Pengamatan siswa dapat mengolongkan tumbuhan secara sederhana dengan
tepat dan benar.
III.
Materi Pokok
1.
Bahasa Indonesia : Memberi
tanggapan
2.
IPA :
Pengolongan mahluk
IV.
Media/ Sumber :
V. Metode :
VI.
Langkah-langkah Pembelajaran :
No.
|
Uraian Kegiatan
|
Pengorganisasian
|
|
Siswa
|
Waktu
|
||
1
|
Kegiatan Awal
|
Klasikal
|
10o
|
|
-
Memberi salam,
berdoa, mengabsen
|
|
|
|
-
Apersepsi
|
|
|
|
-
Memotivasi
siswa dengan bercerita
|
|
|
|
-
Memberi acuan
dengan menyampaikan tujuan pembelajaran
|
|
|
2
|
Kegiatan inti
|
|
140o
|
|
1.
B. Indonesia
|
|
|
|
-
Tanya jawab
tentang masalah-masalah yang pernah dialami siswa
|
Klasikal
|
|
|
-
Informasi dari
guru tentang memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah
|
Klasiklal
|
|
|
-
Secara
berpasangan siswa menanggapi pengalaman teman yang kena masalah
|
Kelompok
|
|
|
-
Tanya jawab
terhadap hasil wawancara melalui presentasi
|
|
|
|
-
Memberi
penguatan terhadap hasil wawancara
|
|
|
|
-
Mengerjakan
tugas individu
|
Klasikal
|
|
|
2.
IPA
|
|
|
|
-
Mengamati
gambar tumbuhan
|
Klasikal
|
|
|
-
Menanyakan
tentang tempat hidup, bentuk batang, dan akarnya.
|
Klasikal
|
|
|
-
Menyebutkan
contoh pengolongan tumbuhan secara sederhana berdasarkan tempat hidup, bentuk
akarnya
|
Kelompok
|
|
|
-
Berdiskusi
mengerjakan LKS
|
Kelompok
|
|
|
-
Mempersentasikan
hasil diskusi
|
Kelompok
|
|
|
-
Memberi
penguatan terhadap hasil diskusi
|
Klasikal
|
|
|
-
Mengerjakan
tugas mandiri
|
Klasikal
|
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
|
20 o
|
|
-
Menyimpulkan
|
Klasikal
|
|
|
-
Refleksi
|
Individu
|
|
|
-
Pesan moral /
Pr
|
Individu
|
|
|
-
Menyampaikan
pelajaran lanjutan
|
Klasikal
|
|
VII.
Penilaian :
Tes tulisan
VIII.
Nilai budaya dan karakter : - Religius
- Disiplin
- Menghargai
- Menghargai
- Jujur
- Mandiri
LKS
Petunjuk ! -
Dengarkanlah masalah yang pernah dialami teman melalui
wawancara
- Catat, berilah tanggapan, alasan dan saranmu
terhadap masalah yang pernah di alami oleh temanmu.
Lembar Kerja Mandiri
Berilah tanggapan dan
saranmu terhadap masalah-masalah berikut !
1.
Masalah : Dimarah karena tidak tidur siang
Tanggapan : ........... (setuju)
Saran :
........... (agar menjaga kesehatan)
2.
Masalah : Malas membantu Ibu
Tanggapan : ........... (tidak setuju)
Saran :
........... (agar pekerjaan ibu ringan dan cepat selesai)
3.
Masalah : Bermain di jalan raya
Tanggapan : ........... (tidak setuju)
Saran :
........... (dapat mengakibatkan kecelakaan)
4.
Masalah : Dimarahi karena tidur terlalu malam
Tanggapan : ........... (setuju)
Saran :
........... ( agar cepat bangun pagi)
5.
Masalah : Malas mengaji
Tanggapan :
Saran :
LKS
Petunjuk ! Diskusikan
pengolongan tumbuhan secara sederhana.
No
|
Penggolongan Berdasarkan
|
Nama-Nama Tumbuhan
|
Keterangan
|
1
|
Tempat hidupnya
|
|
|
2
|
Bentuk akarnya
|
|
|
3
|
Bentuk daunya
|
|
|
4
|
Bentuk akar
|
|
|
5
|
Bentuk bunga
|
|
|
Lembar Evaluasi
Isilah titik-titik
berikut !
1.
Akar tumbuhan
digolongkan menjadi dua yaitu...... dan .......
2.
Teratai dan
enceng gondok digolongkan tumbuhan yang hidup.....
3.
Bentuk bantang
pohon kelapa....
4.
Manga, nangka di
golongkan tumbuhan berakar.....
5.
Tumbuhan yang
digolongkan berdasarkan warna bunganya putih yaitu.....
|
|
||||
Post a Comment