Selamat datang Iskandar Menulis.Com

Featured post

Membangun Hubungan Interpersonal Antara Pustakawan Dan Pemustaka

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Konsep perpustakaan sebagai sebuah kesatuan organisasi yang terstuktur dalam tujuanya m...

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJRAN TEMA KELUARGA MATAPELAJARAN MATEMATIKA, IPA, PKN, KELAS 3 TIGA SEMESTER 1 SATU

Friday, 5 December 20140 comments





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJRAN

TEMA                             : KELUARGA
MAPEL                           : MTK, IPA, PKN
KELAS/ SEMESTER   : III/I
HARI/ TANGGAL        : SENIN, 2-09-2014
ALOKASI WAKTU      : 7 X 35 MENIT

I.     Standar Kompetensi
-       Matematika                                    : 1. Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga
  angka
-       IPA                                     : 1. Memahami ciri-ciri kebutuhan mahluk hidup serta
hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
-       PKN                                   : 1. Mengamalkan sumpah pemuda

II.  Kompetensi Dasar
-  Matematika                      : 1.3. Melakukan perkalian yang dihasilnya bilangan
  tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka
-  IPA                                  : 1.2. Menggolongkan mahkluk hidup secara sederhana
-  PKN                                 : 1.1. Mengenal makna satu nusa satu bangsa dan satu
  bahasa

III.   Indikator                                    
1.      Matematika                : - Melakukan pembagian yang dihasilnya sampai 3
    angka.
-   Menyebutkan bentuk perkalian menjadi bentuk penjumlahan berulang
2.      IPA                            : - Menjelaskan penggolongan hewan
-   Menyebutkan hewan berdasarkan penggolongannya
-   Menyebutkan tumbuhan berdasarkan penggolongannya
3.      PKN                           : - Menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan
-   Ulangan harian
VI. Tujuan Pembelajaran   
1.      Matematika                 :  
-          Setelah proses belajar mengajar berllangsung siswa dapat :
-   Menentukan hasil pembagian yang dihasilkan sampai 3 angka dengan tepat dan benar
-   Menyebutkan bentuk perkalian menjadi bentuk penjumlahan berulang dengantepat  dan benar

2.      IPA                             :  Melalui diskusi kelomppok siswa dapat :
-   Menjelaskan penggolongan hewan dengan benar
-   Menyebutkan hewan berdasarkan penggolongannya dengan benar
-   Menyebutkan tumbuhan berdasarkan penggolongannya.

3.      PKN                            :  Melalui tanya jawab siswa dapat menyebutkan
   menfaat persatuan dan kesatuan dengan benar
-   Siswa dapat menyelesaikan soal dengan tepat dan benar.
V.   Materi Pokok
1.      Matematika                 : Perkalian dan pembagian yang hasilnya sampai tiga
  angka
2.      IPA                             : Penggolongan makhluk
3.      PKN                            : Makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
VI. Media dan Sumber
a.       Media                          : Pot bunga, batu, kelir
b.      Sumber                        : Buku MTK, buku IPA, buku PKN yang relevan
  Lingkaran.
VII. Metode                           : Ceramah, demontrasi, tanya jawab, diskusi,
   penugasan, permainan

VIII. Langkah-langkah Pembelajaran

No

Uraian Kegiatan

Pengelolaan

Nilai karakter
Yang ditanamkan
Siswa
Waktu
1.





2.



































3.
Kegiatan awal
-       Memberi salam, berdoa, mengabsen
-       Apresiasi
-       Memotivasi siswa dengan benyanyi lagu belajar matematika
-       Mambuat kaitan dengan kue yang dibagi atau dikalikan
-       Memberi acuan dengan menuliskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
-       Mengajak siswa keluar untuk menghitung pot bunga, pohon dan membagi
-       Mendemontrasikan pembagian dengan batu kelir dll
-       Tanya jawab tentang demontrasi
-       Informasi singkat tentang pembagian dan perkalian dalam bentuk penjumlahan berulang
-       Melakukan pengamatan gambar terhadap gambar hewan dan tumbuhan
-       Menggali informasi tentang penggolongan hewan dan tumbuhan
-       Melakukan permainan menara dengan menyusun aqua
-       Tanya jawab tentang permainan
-       Menyebutkan manfaat permainan yang dihubungkan dengan persatuan dan kesatuan
*      Elaborasi
-       Berdiskusi mengerjakan LKS
-       Mempresentasikan hasil diskusi
-       Menanggapi hasil diskusi kelompok lain

*       Konfirmasi
-       Memberi penguatan terhadap hasil diskusi
Kegiatan
-       Menyimpulkan
-       Penilaian/refleksi
-       Pesan moral / PR
-       Menyampaikan pelajaran lanjutan

Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal

Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal

Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal


Kelompok
Kelompok
Klasikal


Klasikal

Klasikal
Individu
Klasikal
Klasikal

15o








150o














80 o


Regilius
Disiplin
Bersahabat



Disiplin




Rasa ingin tahu



Cinta damai


Kreatif
Tanggung jawab
Menghargai prestasi




Jujur
Mandiri
Kerja keras

IX. Penilaian Proses dan Hasil
a.       Proses                          : Keaktifan, kerjasama, keberanian, bahasa,
b.      Hasil                            : LKS, jawaban soal, jawaban PR
Petunjuk ! Diskusikan bersama teman sekelompok mu untuk mengisi tabel berikut dengan cara :
1.      Ambilah batu menurut jumlah yang terdapat dalam tabel
2.      Bagilah batu sesukamu sehingga pembagiaannya tidak bersisa !

NO.
Jumlah Batu
Dibagi
Hasil
1
10


2
20


3
15


4
6


5
18


3.      Hitunglah dalam bentuk perjumlah berulang
a.       25 x 3 = . . . .


Lembar Evaluasi
Kerjakan Soal Berikut !
1.      544  = 4
2.      765 = 5
3.      642 = 3
4.      422 = 2
5.      848 = 2
Kunci Jawaban
1.      135                  3. 214              5. 424
2.      153                  4. 211
PR
Kerjakan soal-soal berikut !
1.      777 : 3                         4. 918 : 9
2.      787 : 9
3.      750 : 6
Kunci Jawaban
1.      259                                    3. 918 : 9
2.      87                                      4. 102


LKS IPA
Petunjuk !        – Amatilah gambar hewan dan tumbuhan berikut !
-       Buat penggolongan yang sederhana / contoh lainya.


Lembar Evaluasi
1.      Kunci, Harimau, singa dapat digolongkan berdasarkan ?
2.      Sebutkan 3 conyoh hewan yang hidup di air ?
3.      Sebutkan 1 cotoh hewan berkaki 8 ?
4.      Bayam termasuk tumbuhan berbatang ?
5.      Sebutkan 2 contoh tumbuhan yang digolongkan berdasarkan daun sejajar

Kunci Jawaban
1.      Hewan pemakan daging
2.      Pendapat anak
3.      Laba-laba
4.      Basah
5.      Dasun tebu, jagung, padi



Pilihlah salah satu jawaban yang palin tepat !
1.      Perjuangan bangsa indonesia melawan penjajah selalu mengalalmi kegagalan karen ......?
a.     Penjajh terlalu kuat                                              c. Perjuangan dilakukan serentak
b.     Rakyat bersatu padu                                            d. Bersifat kedaerahan
2.    Hari sumpah pemuda  diperingati setiap tanggal .... ?
a.    21. April                                                               c. 17 Agustus
b.    20 Mei                                                                  d. 28 Oktober
3.    Kongres Pemuda II berhasil merumuskan suatu ikrar. Ikrar tersebut dikenal dengan sebutan ....
a.    Janji Pramuka                                                       c. Sumpah Palapa
b.    Janji pemuda                                                        d. Sumpah Pemuda
4.    Bersatu kita teguh bercerai kita.....
a.    Runtuh                                                                 c. Menang
b.    Kuat                                                                     d. Selamat
5.    Dengan persatuan dan kesatuan maka bangsa kita tidak akan.....
a.    Makmur                                                                c. Terpecah belah
b.    Sejahtera                                                              d. Merdeka








Guru Kelas



Evi Kumalasari
Nip.198308082006042029
 


Guru Kelas



Evi Kumalasari
Nip.198308082006042029
 

Mengetahui,
Kepsek SD N 1 Peukan Bada


H. Zulfinar, S.Pdi
Nip. 195603251984102002
 

 











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJRAN

TEMA                                      : KELUARGA
MAPEL                                   : BAHASA INDONESIA, SBK,                                                                      QURAN HADIST.
 KELAS/ SEMESTER                        : III/I
 HARI/ TANGGAL                : SELASA, 3-9-2014
ALOKASI WAKTU               : 5 X 35 MENIT


I.     Standar Kompetensi
1.    Bahasa Indonesia          : 3. Memahami teks dengan membaca nyaring,
      membaca intensif dan membaca
2.    SBK                               : 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
3.    Qur’an hadist                 :  disampaikan oleh guru agama

II.  Kopetensi Dasar
1.      Bahasa Indonesia         : 3.2. menjelaskan isi (100-150 kata) melalui membaca
         intensif
2.      SBK                             : Mengekpresikan diri melalui gambar dekoratif dan
  motif hias daerah setempat

III.   Indikator
1.      Bahasa Indonesia          : - Menjelaskan isi teks dengan bahasa sendiri
-   Menjelaskan isi teks dengan bahasa sendiri dengan benar
-   Menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan
2.      SBK                              : Mengambarkan  dekoratif motif hias daerah setempat.

IV.   Tujuan Pembelajaran
1.    Bahasa Indonesia          : Setelah proses belajar mengajar siswa dapat :
2.    SBK                               : Melalui pengamatan siswa dapat menggambar
  dekoratif motif hias daerah setempat.

V.  Materi Pokok                    :
1.    Bahasa Indonesia          : Membaca intensif
2.    SBK                               : Gambar dekoratif motif hias

VI.   Media dan Sumber
1.    Media                            : Teks bacaan
2.    Sumber                          : Buku Bahasa Indonesia, Buku SBK yang relevan.

VII. Metode                              : Ceramah, Tanya jawab, diskusi, pengamatan, penugasan

VIII.  Langkah-langkah pembelajaran

No.

Uraian Kegiatan

Pengorganisasian
Siswa
Waktu
Nilai karakter yang ditanamkan
1
Kegiatan Awal
Klasikal
10o
Religius

-          Memberi salam, berdoa, mengabsen




-          Apersepsi




-          Memotivasi siswa dengan bercerita




-          Memberi acuan dengan menyampaikan tujuan pembelajaran



2
Kegiatan inti

100o


Ekplorasi




-          Mengali informasi tentang cara membaca teks dan tanda baca
Klasikal



-          Membaca teks bacaaan
Individu

Gemar membaca

-          Tanya jawab tentang teks bacaan
Klasikal



-          Menjelaskan isi teks bacaan
Klasikal



-          Mengamati gambar pola ragam hias
Klasikal

Rasa ingin tahu

-          Tanya jawab tentang gambar yang diamati
Klasikal



-          Membuat pola dasar dan membuat sebuah gambar dekoratif
Klasikal



Elaborasi




-          Berdiskusi mengerjakan LKS
Kelompok

Tanggung Jawab

-          Mempresentasikan hasil diskusi
Kelompok



-          Menanggapi hasil diskusi kelompok lain
Klasikal



Konfirmasi




-          Memberi penguatan terhadap hasil diskusi



3
Kegiatan akhir




-          Menyimpulkan
Klasikal



-          Evaluasi / refleksi
Individu

Mandiri

-          Pesan Moral/ Pr
Klasikal



-          Menyampaikan Pelajaran Lanjutan
Klasikal



IX.   Penilaian Proses dan Hasil
a.    Proses              : Keatiaktifan, Kerja sama, keberanian, bahasa.
b.    Hasil                : LKS, Jawaban soal, Jawaban PR

LKS
Petunjuk ! Buatlah penjelasan tentang teks bacaan
“Keluarga Sejahtera”
Lembar Evaluasi
Untuk menjelaskan teks, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut !
1.    Apa judul teks diatas ?
2.    Sebutkan 3 ciri keluarga sejahtera ?
3.    Bagaimana anak pada keluarga sejahtera ?
4.    Kapan waktu yang tepat untuk berkumpul keluarga atau untuk berusaha ?
5.    Bagaimana pendidikan anak dari keluarga sejahtera ?
Kunci Jawaban
1.      Keluarga sejahtera
2.      Suasana riang gembira, jauh dari percekcokan, orang tua dan anak saling menyayangi-pendidikan anak tidak terlantar makanan terurus dengan baik.
3.      Sopan, santun, hormat
4.      Waktu senggang atau hari libur
5.      Pendidikan anak tidak terlantar
Evaluasi
Buatlah gambar dekoratif motif hias SPT contoh berikut !






Share this article :

Post a Comment

 
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger