RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJRAN
TEMA :
KELUARGA
MAPEL :
MTK, IPA, PKN
KELAS/ SEMESTER :
III/I
HARI/ TANGGAL :
SENIN, 2-09-2014
ALOKASI WAKTU :
7 X 35 MENIT
I.
Standar Kompetensi
-
Matematika : 1.
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga
angka
-
IPA : 1.
Memahami ciri-ciri kebutuhan mahluk hidup serta
hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
-
PKN : 1.
Mengamalkan sumpah pemuda
II.
Kompetensi Dasar
- Matematika :
1.3. Melakukan perkalian yang dihasilnya bilangan
tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka
- IPA :
1.2. Menggolongkan mahkluk hidup secara sederhana
- PKN :
1.1. Mengenal makna satu nusa satu bangsa dan satu
bahasa
III.
Indikator
1.
Matematika : - Melakukan pembagian yang
dihasilnya sampai 3
angka.
-
Menyebutkan
bentuk perkalian menjadi bentuk penjumlahan berulang
2.
IPA : - Menjelaskan
penggolongan hewan
-
Menyebutkan
hewan berdasarkan penggolongannya
-
Menyebutkan
tumbuhan berdasarkan penggolongannya
3.
PKN : - Menyebutkan
manfaat persatuan dan kesatuan
-
Ulangan harian
VI. Tujuan Pembelajaran
1.
Matematika :
-
Setelah proses
belajar mengajar berllangsung siswa dapat :
-
Menentukan hasil
pembagian yang dihasilkan sampai 3 angka dengan tepat dan benar
-
Menyebutkan
bentuk perkalian menjadi bentuk penjumlahan berulang dengantepat dan benar
2.
IPA : Melalui diskusi kelomppok siswa dapat :
-
Menjelaskan
penggolongan hewan dengan benar
-
Menyebutkan
hewan berdasarkan penggolongannya dengan benar
-
Menyebutkan
tumbuhan berdasarkan penggolongannya.
3.
PKN : Melalui tanya jawab siswa dapat menyebutkan
menfaat persatuan dan kesatuan dengan benar
-
Siswa dapat
menyelesaikan soal dengan tepat dan benar.
V. Materi Pokok
1.
Matematika : Perkalian dan pembagian yang
hasilnya sampai tiga
angka
2.
IPA : Penggolongan
makhluk
3.
PKN : Makna satu nusa,
satu bangsa dan satu bahasa
VI. Media dan Sumber
a.
Media : Pot bunga, batu,
kelir
b.
Sumber : Buku MTK, buku IPA,
buku PKN yang relevan
Lingkaran.
VII. Metode : Ceramah, demontrasi,
tanya jawab, diskusi,
penugasan,
permainan
VIII.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian
Kegiatan
|
Pengelolaan
|
Nilai karakter
Yang
ditanamkan
|
|
Siswa
|
Waktu
|
|||
1.
2.
3.
|
Kegiatan awal
-
Memberi salam,
berdoa, mengabsen
-
Apresiasi
-
Memotivasi
siswa dengan benyanyi lagu belajar matematika
-
Mambuat kaitan
dengan kue yang dibagi atau dikalikan
-
Memberi acuan
dengan menuliskan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
-
Mengajak siswa
keluar untuk menghitung pot bunga, pohon dan membagi
-
Mendemontrasikan
pembagian dengan batu kelir dll
-
Tanya jawab
tentang demontrasi
-
Informasi
singkat tentang pembagian dan perkalian dalam bentuk penjumlahan berulang
-
Melakukan
pengamatan gambar terhadap gambar hewan dan tumbuhan
-
Menggali
informasi tentang penggolongan hewan dan tumbuhan
-
Melakukan
permainan menara dengan menyusun aqua
-
Tanya jawab
tentang permainan
-
Menyebutkan
manfaat permainan yang dihubungkan dengan persatuan dan kesatuan
*
Elaborasi
-
Berdiskusi mengerjakan
LKS
-
Mempresentasikan
hasil diskusi
-
Menanggapi
hasil diskusi kelompok lain
*
Konfirmasi
-
Memberi
penguatan terhadap hasil diskusi
Kegiatan
-
Menyimpulkan
-
Penilaian/refleksi
-
Pesan moral /
PR
-
Menyampaikan
pelajaran lanjutan
|
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Kelompok
Kelompok
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Individu
Klasikal
Klasikal
|
15o
150o
80 o
|
Regilius
Disiplin
Bersahabat
Disiplin
Rasa ingin
tahu
Cinta damai
Kreatif
Tanggung jawab
Menghargai
prestasi
Jujur
Mandiri
Kerja keras
|
IX. Penilaian Proses dan Hasil
a.
Proses : Keaktifan, kerjasama,
keberanian, bahasa,
b.
Hasil : LKS, jawaban soal,
jawaban PR
Petunjuk ! Diskusikan
bersama teman sekelompok mu untuk mengisi tabel berikut dengan cara :
1.
Ambilah batu
menurut jumlah yang terdapat dalam tabel
2.
Bagilah batu
sesukamu sehingga pembagiaannya tidak bersisa !
NO.
|
Jumlah Batu
|
Dibagi
|
Hasil
|
1
|
10
|
||
2
|
20
|
||
3
|
15
|
||
4
|
6
|
||
5
|
18
|
3.
Hitunglah dalam
bentuk perjumlah berulang
a.
25 x 3 = . . . .
Lembar Evaluasi
Kerjakan Soal Berikut !
1.
544 = 4
2.
765 = 5
3.
642 = 3
4.
422 = 2
5.
848 = 2
Kunci Jawaban
1.
135 3. 214 5. 424
2.
153 4. 211
PR
Kerjakan soal-soal
berikut !
1.
777 : 3 4. 918 : 9
2.
787 : 9
3.
750 : 6
Kunci Jawaban
1.
259 3. 918 : 9
2.
87 4. 102
LKS IPA
Petunjuk ! – Amatilah gambar hewan dan tumbuhan
berikut !
-
Buat
penggolongan yang sederhana / contoh lainya.
Lembar Evaluasi
1.
Kunci,
Harimau, singa dapat digolongkan berdasarkan ?
2.
Sebutkan 3
conyoh hewan yang hidup di air ?
3.
Sebutkan 1
cotoh hewan berkaki 8 ?
4.
Bayam termasuk
tumbuhan berbatang ?
5.
Sebutkan 2
contoh tumbuhan yang digolongkan berdasarkan daun sejajar
Kunci Jawaban
1.
Hewan pemakan
daging
2.
Pendapat anak
3.
Laba-laba
4.
Basah
5.
Dasun tebu, jagung,
padi
Pilihlah salah satu jawaban yang palin tepat !
1.
Perjuangan bangsa
indonesia melawan penjajah selalu mengalalmi kegagalan karen ......?
a.
Penjajh terlalu
kuat c.
Perjuangan dilakukan serentak
b.
Rakyat bersatu padu d.
Bersifat kedaerahan
2.
Hari sumpah
pemuda diperingati setiap tanggal .... ?
a.
21. April c.
17 Agustus
b.
20 Mei d.
28 Oktober
3.
Kongres Pemuda II
berhasil merumuskan suatu ikrar. Ikrar tersebut dikenal dengan sebutan ....
a.
Janji Pramuka c.
Sumpah Palapa
b.
Janji pemuda d.
Sumpah Pemuda
4.
Bersatu kita teguh
bercerai kita.....
a.
Runtuh c.
Menang
b.
Kuat d.
Selamat
5.
Dengan persatuan
dan kesatuan maka bangsa kita tidak akan.....
a.
Makmur c.
Terpecah belah
b.
Sejahtera d.
Merdeka
|
||||||
|
||||||
|
||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJRAN
TEMA : KELUARGA
MAPEL : BAHASA INDONESIA, SBK, QURAN HADIST.
KELAS/ SEMESTER : III/I
HARI/ TANGGAL :
SELASA, 3-9-2014
ALOKASI WAKTU : 5 X 35 MENIT
I.
Standar Kompetensi
1.
Bahasa Indonesia : 3. Memahami teks dengan membaca
nyaring,
membaca intensif dan membaca
2.
SBK : 2.
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
3.
Qur’an hadist : disampaikan oleh guru agama
II.
Kopetensi Dasar
1.
Bahasa Indonesia : 3.2. menjelaskan isi (100-150 kata)
melalui membaca
intensif
2.
SBK : Mengekpresikan
diri melalui gambar dekoratif dan
motif hias daerah setempat
III.
Indikator
1.
Bahasa Indonesia : - Menjelaskan isi teks dengan bahasa
sendiri
-
Menjelaskan isi
teks dengan bahasa sendiri dengan benar
-
Menjawab
pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan
2.
SBK : Mengambarkan dekoratif motif hias daerah setempat.
IV.
Tujuan Pembelajaran
1.
Bahasa Indonesia : Setelah proses belajar mengajar
siswa dapat :
2.
SBK : Melalui
pengamatan siswa dapat menggambar
dekoratif motif hias daerah setempat.
V.
Materi Pokok :
1.
Bahasa Indonesia : Membaca intensif
2.
SBK : Gambar
dekoratif motif hias
VI.
Media dan Sumber
1.
Media : Teks bacaan
2.
Sumber : Buku Bahasa
Indonesia, Buku SBK yang relevan.
VII. Metode : Ceramah, Tanya jawab, diskusi, pengamatan, penugasan
VIII.
Langkah-langkah pembelajaran
No.
|
Uraian Kegiatan
|
Pengorganisasian
|
||
Siswa
|
Waktu
|
Nilai karakter yang ditanamkan
|
||
1
|
Kegiatan Awal
|
Klasikal
|
10o
|
Religius
|
-
Memberi salam,
berdoa, mengabsen
|
||||
-
Apersepsi
|
||||
-
Memotivasi
siswa dengan bercerita
|
||||
-
Memberi acuan
dengan menyampaikan tujuan pembelajaran
|
||||
2
|
Kegiatan inti
|
100o
|
||
Ekplorasi
|
||||
-
Mengali
informasi tentang cara membaca teks dan tanda baca
|
Klasikal
|
|||
-
Membaca teks
bacaaan
|
Individu
|
Gemar membaca
|
||
-
Tanya jawab
tentang teks bacaan
|
Klasikal
|
|||
-
Menjelaskan
isi teks bacaan
|
Klasikal
|
|||
-
Mengamati gambar
pola ragam hias
|
Klasikal
|
Rasa ingin tahu
|
||
-
Tanya jawab
tentang gambar yang diamati
|
Klasikal
|
|||
-
Membuat pola
dasar dan membuat sebuah gambar dekoratif
|
Klasikal
|
|||
Elaborasi
|
||||
-
Berdiskusi
mengerjakan LKS
|
Kelompok
|
Tanggung Jawab
|
||
-
Mempresentasikan
hasil diskusi
|
Kelompok
|
|||
-
Menanggapi
hasil diskusi kelompok lain
|
Klasikal
|
|||
Konfirmasi
|
||||
-
Memberi
penguatan terhadap hasil diskusi
|
||||
3
|
Kegiatan akhir
|
|||
-
Menyimpulkan
|
Klasikal
|
|||
-
Evaluasi /
refleksi
|
Individu
|
Mandiri
|
||
-
Pesan Moral/
Pr
|
Klasikal
|
|||
-
Menyampaikan
Pelajaran Lanjutan
|
Klasikal
|
IX.
Penilaian Proses dan Hasil
a.
Proses : Keatiaktifan, Kerja sama,
keberanian, bahasa.
b.
Hasil : LKS, Jawaban soal, Jawaban PR
LKS
Petunjuk ! Buatlah
penjelasan tentang teks bacaan
“Keluarga Sejahtera”
Lembar Evaluasi
Untuk menjelaskan teks,
jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut !
1.
Apa judul teks
diatas ?
2.
Sebutkan 3 ciri
keluarga sejahtera ?
3.
Bagaimana anak
pada keluarga sejahtera ?
4.
Kapan waktu yang
tepat untuk berkumpul keluarga atau untuk berusaha ?
5.
Bagaimana
pendidikan anak dari keluarga sejahtera ?
Kunci Jawaban
1.
Keluarga
sejahtera
2.
Suasana riang
gembira, jauh dari percekcokan, orang tua dan anak saling menyayangi-pendidikan
anak tidak terlantar makanan terurus dengan baik.
3.
Sopan, santun,
hormat
4.
Waktu senggang
atau hari libur
5.
Pendidikan anak
tidak terlantar
Evaluasi
Buatlah gambar
dekoratif motif hias SPT contoh berikut !
Post a Comment