Selamat datang Iskandar Menulis.Com

Featured post

Membangun Hubungan Interpersonal Antara Pustakawan Dan Pemustaka

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Konsep perpustakaan sebagai sebuah kesatuan organisasi yang terstuktur dalam tujuanya m...

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMA KELUARGA MATA PELAJARAN PENJAS BAHASA INDONESIA DAN FIQIH KELAS 3 TIGA SEMESTER 1 SAT

Friday, 5 December 20140 comments





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

TEMA                                  : KELUARGA
MAPEL                               : PENJAS, B. INDONESIA, FIQIH.
KELAS / SEMESTER       : III / I
HARI / TANGGAL            : RABU, 04 September 2012
ALOKASI WAKTU          : 7 X 35 MENIT


       I.            Standar Kompetensi
1.      Penjas                                : Disampaikan oleh guru penjas
2.      Bahasa Indonesia              :4. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan
     informasi dalam paragraf dan puisi
3.      Fiqih                                  : Disampaikan oleh guru agama

    II.            Kompetensi Dasar                 :
Bahasa Indonesia                    : 4.2. Menulis Puisi anak berdasarkan gambar

 III.            Indikator                                : - Menulis puisi karangan sendiri

 IV.            Tujuan pembelajaran           : Setelah mengamati gambar siswa dapat
  menulis puisi karangan sendiri dengan tepat
  dan benar.

    V.            Materi Pokok                         : Puisi

 VI.            Media dan Sumber               : Gambar, Buku Bahasa Indonesia yang relevan

VII.            Metode                                   : Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi,
  penugasan



VIII.            Langkah-langkah Pembelajaran

No.

Uraian Kegiatan


Pengorganisasian
Siswa
Waktu
Nilai Karakter
1
Kegiatan Awal

5 o
Religius

-          Memberi salam, berdoa, mengabsen
Klasikal



-          Apersepsi
Klasikal



-          Memotivasi siswa dengan bernyayi
Klasikal



-          Memberi acuan dengan menulis tujuan pembelajaran
Klasikal


2
Kegiatan inti

350 o


Eksplorasi




-          Mengamati gambar
Klasikal

Rasa ingin tahu

-          Tanya jawab tentang gambar yang diamati
Klasikal



-          Informasi singkat tentang menulis puisi berdasrkan gambar




-          Elaborasi




-          Berdiskusi mengerjakan LKS
Kelompok

Menghargai prestasi

-          Mempresentasi hasil diskusi
Kelompok



-          Menanggapi hasil diskusi kelompok lain
Klasikal



Konfirmasi




-          Memberi penguatan terhadap hasil diskusi
Klasikal


3
Kegiatan akhir

30o


-          Menyimpulkan
Klasikal

Jujur mandiri

-          Evaluasi / Refleks
Individual



-          Pesan Moral / PR
Klasikal



-          Menyampaikan pelajaran lanjutan
Klasikal




 IX.       Penilaian Proses dan Hasil
a.       Proses  : Keatifan, kerja sama, keberanian, bahasa
b.      Hasil    : LKS, Jawaban soal, jawaban pr       
LKS
Petunjuk ! Diskusikan untuk melengkapi puisi berikut sesuai gambar

AYAH
Ayah,,,,,,,,
Sungguh besar pengorbana

Lembar Evaluasi

Selesaikan puisi berikut ini sesuai gambar !

Rumahku
Tempatku di besarkan













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


TEMA                                  : KELUARGA
MAPEL                               : PENJAS, B. INDONESIA, FIQIH
KELAS / SEMESTER       : III / I
HARI / TANGGAL                        : RABU, 04 September 2012
ALOKASI WAKTU          : 7 X 35 MENIT

       I.            Standar Kompetensi
1.      Matematika                       : 1. Melahkukan operasi hitung bilangan sampai
tiga angka
2.      IPS                                                : 1. Memahami lingkungan dan melaksanakan
kerja sama disekitar rumah dan sekolah
3.      Bahasa Aceh                     : Mampu jie membaca ngon jie tuleh makna
  kata.

    II.            Kompetensi Dasar                 :
1.         Matematika                      : 1.4. Melahkukan operasi hitung campur
2.         IPS                                   : 1.2. Memelihara ligkungan alam buaan di
         sekitar rumah
3.         Bahas aAceh                    : 2.1. Meubaca cerita dengon mita gagasan yang
 na bak cerita
1.2.  Teumeuleh arti kata dengon peluah makna kata
 III.            Indikator                   
1.         Matematika                      : - Melahkukan operasi hitung campuran
-   Memecahkan masala sehari-hari yang melibatkan hitung campur
2.         IPS                                   : 1.2 Ulangan harian
3.         Bahas Aceh                      : Ulangan harian


 IV.            Tujuan Pembelajaran
1.         Matematika                      : Setelah proses blajar mengajar  siswa dapat :
-       Melahkukakan operasi campuran dengan tepat dan benar
-       Memcahkan masalah sehari-hari yang melibatkan hitung campuran dengan tepat dan benar
2.         IPS                                   : Siswa dapat menyelesaikan soal ulangan
  dengan tepat dan benar
3.         B. Aceh                            : Siswa dapat menjawab pertanyaan denga tepat
  dan benar


    V.            Materi Pokok
1.         Matematika                                  : Operasi hitung campuran
2.         IPS                                               : Lingkungan alam sekitar

 VI.            Media Dan Sumber                           :

VII.            Metode                                               :

VIII.            Langkah-Langkah Pembelajaran   :


No.

Uraian Kegiatan


Pengorganisasian
Siswa
Waktu
Nilai Karakter
1
Kegiatan Awal

15 o
Religius

-          Memberi salam, berdoa, mengabsen
Klasikal



-          Apersepsi
Klasikal



-          Memotivasi siswa dengan bernyayi
Klasikal



-          Memberi acuan dengan menulis tujuan pembelajaran
Klasikal


2
Kegiatan inti

150 o


Eksplorasi




-          Melahkukan demontrasi hitung campuran
Klasikal



-          Menggali informasi tentang demontrasi yang telah dilahkukan




-          Informasi singkat tentang hitung campuran
Klasikal



Elaborasi




-          Berdiskusi mengerjakan LKS
Kelompok

Kerja keras

-          Mempresentasikan hasil diskusi
Kelompok

Kreatif

-          Menanggapi hasil diskusi kelompok lain
Klasikal



2.      IPS




-          Menyelesaikan soal ulangan
Klasikal


3
Kegiatan akhir
Individu



-          Evaluasi / refleksi
Individu



-          Pesan Moral / PR
Klasikal



-          Menyampaikan pelajaran lanjuta
Klasikal



 IX.            Penilaian Proses dan hasil
a.       Proses             : Keaktifan, kerja sama, keberanian, bahasa
b.      Hasil                : LKS, Jawaban soal, Jawaban PR


LKS
Petunjuk ! diskusikan untuk menghitung
a.       376 + 463 + 718 =  . . .
b.      64 x 6 : 8 + = . . .
c.       (152 – 38) : 2 = . . .
Kunci jawaban
a.       121
b.      48
c.       57


Lembar Evaluasi
Carilah hasilnya
1.      54 x 4: 2 = . . .
2.      52 x 3 – 6 = . . .
3.      5 x 20 + 5 =  . . .
4.      36 x 5 : 3 = . . .
5.      453 x 240 x 4 =

Kunci jawaban
1.      108
2.      150
3.      105
4.      60
5.      852
PR
Tentukan hasilnya
1.      453 – 240 + 100 =
2.      500 + 400 x 2 =
3.      152 + 2 – 80 =
4.      445 + 435 + 600 =
5.      40 x 5 – 500 =
Kunci jawaban
1.    313
2.    200
3.    224
4.    280
5.    100

Share this article :

Post a Comment

 
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger