PERKEMBANGAN BAHASA LISAN DAN
BAHASA TULISAN
ANAK USIA DINI
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Belakang merupakan alat komunikasi yang
digunaqkan oleh seseorang dalam pergaulannya atau hubungannya dengan orang
lain. Bahasa disebut juga alat bergaul, penggunaan bahasa menjadi efektif sejak
seorang individu berkomunikasi dengan orang lain. Bahasa harus dipelajari oleh
setiap manusia, apabila yang tinggal dinegara indonesia, harus belajar bahasa
indonesia. Tidak hanya orang dewasa yang harus mempelajari bahasa indonesia,
tetapi anak-anak juga harus mempelajari bahasa indonesia yang benar.
Dalam bahasa ada yang disebut dengan
ragam bahasa. Dimana ragam bahasa merupakan variasi bahasa yang pemakaiannya
berbeda-beda. Ada dua ragam bahasa yang akan dibahas pada makalah ini yaitu
ragam bahasa lisan dan ragam bahasa tulisan.
Anak usia dini akan mengalami
perkembangan berbahasa namun tidak akan sama pencapaiannya karena setiap anak
berbeda-beda, ada yang dapat berbicara dengan cepat dan ada pula yang
membutuhkan waktu yang agak lama.
B.
Rumusan Maslah
1.
Bagaimana penggunaan bahasa lisan dan
tulisan bagi anak usia dini ?
2.
Mana yang lebih baik bagi anak usia
dini, bahasa lisan atau bahasa tulisan ?
3.
Kelebihan dan kelemahan bahasa lisan dan
berbahasa tulisan !
BAB II
PEMBAHASAN
A.
1. Penggunaan Bahasa Lisan Bagi Anak
Usia Dini
Ragam bahasa adalah variasi bahasa
menurut pemakaiannya yang berbeda-beda menurut masalah yang dibicarakan,
menurut lawan bicara dan orang yang dibicarakan (Bachman 1990). Bahasa adalah
suatu sistem dari lambang bunyi arbiter yang dihasilkan oleh ucapan manusia dan
dipakai oleh manusia untuk berkomunikasi.
Bahasa lisan adalah bahan atau kata yang
dihasilkan oleh ucapan dengan fonem sebagai unsur dasar. Dalam bahasa lisan
kita akan berhubungan dengan tata bahasa, kosa kata dan lafal. Dalam bahasa
lisan pembicara dapat menggunakan tinggi rendah suara atau tekanan, gerak
tangan atau isarat untuk mengungkapkan pendapat.
Bahasa lisan lebih ekspresif dengan
bentuk mimik, intonasi dan gerakan tubuh dapat bercampur menjadi satu untuk
mendukung komunikasi yang akan berlangsung.
A.
Fungsi bahasa lisan bagi anak usia dini
a. Untuk
berkomunikasi dengan orang lain.
b. Dapat
mengembangkan kemampuan kreativitas anak melalui berdongeng dan bernyanyi.
c. Mengekpresikan
yang dialami dan dipikirkan anak.
d. Untuk
menangkap pesan dari lawan bicara.
B.
Pengembangan bahasa lisan bagi anak usia
dini
a. Dapat
bertanya dan menjawab pertanyaan
b. Dapat
berbicara lancar
c. Mengenal
kosa kata
d. Berbicara
dengan sederhana
e. Memberikan
keterangan
f. Melanjutkan
cerita dengan bahasanya
g. Bercerita
kembali dengan gambar
2.
Penggunaan Bahasa Tulisan Bagi Anak Usia Dini
Dalam membangun pengetahuan pada anak
tidak terlepas dari peran orang tua sebagai pendidik dirumah dan peran guru
sebagai pendidik dilingkungan sekolah. Peran guru yang diharapkan adalah guruyang
mapu membangun pengetahuan pada anak dengan memberikan kesempatan kepada anak
untuk berekplorasi, sehingga anak mampu membangun pengetahuan dari anak membangun
pengetahuan dari apa yang dilakukannya.
Tujuan utama mengembangkan kemampuan
menulis pada anak-anak yaitu mengenalkan kepada mereka tentang kesenangan dalam
menulis. Dimana pendidik dapat memberikan pengertian kepada anak bahwa menulis
sesuatu yang menyenangkan bukan sesuatu yang dapat membuat anak menjadi bosan.
Agar anak bersemangat untuk menulis maka pendidik memberikan kesempatan pada
anak untuk menggambar dan mencoret-coret, karena gambar dan coretan adalah
tulisan pertama anak. Dengan perlahan-lahan anak akan belajar menulis
huruf-huruf dan angka, namun guru harus bersabar dalam mengembangkan penggunaan
bahasa tulisan pada anak.
Fungsi bahasa tulisan bagi anak usia
dini
a.
Dapat mengenal huruf, bentuk dan warna
b.
Untuk melatih motorik halus anak
C.
Bahasa Yang Baik Bagi Anak Usia Dini
Sebagai kebutuhan dan keinginan dengan
berbicara anak mudah untuk menjelaskan kebutuhan dan keinginan tanpa harus
menunggu orang lain untuk mengerti tangisan, gerak tubuh dan ekpresi wajahnya.
Saya berpendapat bahwa bahasa yang baik digunakan dan yang pertama digunakan
adalah bahasa lisan karena dengan bahasa lisan anak dapat mengungkapkan
pendapat. Perkembangan dapat dikatakan sebagai suatu urutan-urutan perubahan
yang bersifat sistematis, dalam arti saling kebergantungan atau saling
mempengaruhi antara aspek-aspek fisik dan spikis dan merupakan satu kesatuan
yang harmonis. Sebagao contoh, anak diperkenalkan bagaimana cara memegang
pensil, membuat huruf-huruf dan diberi latihan oleh orang tuanya. Kemampuan
belajar menulis akan mudah dan cepat dikuasai anak apabila proses latihan
diberikan pada saat untuk memahami bentuk huruf telah diperoleh. Dengan
demikian anak mampu memegang pensil dan membaca bentuk huruf.
Pada usia 1 tahun, selaput otak untuk
pendengaran membentuk kata-kata mulai saling berhubungan. Sejak usia 2 tahun
anak sudah banyak mendengar kata-kata atau memiliki kosa kata yang luas.
Gangguan pendengaran dapat membuat kemampuan anak untuk mencocokkan suara
dengan huruf menjadi terlambat.
Bahasa anak mulai menjadi bahasa orang
dewasa setelah anak mencapai usia 3 tahun. Pada saat itu anak sudah mengetahui
perbedaan antara saya, kamu dan kita.
Dengan uraian diatas dapat kita
simpulkan bahwa anak akan melihat dan mendengarkan tentang apa yang dilakukan
oleh orang dewasa, maka kita sebagai seorang pendidik harus memberikan bahasa
yang baiak bagi anak yang mudah dimengerti oleh anak.
D.
Kelebihan Dan Kelemahan Bahasa Lisan Dan
Tulisan
a.
Kelebihan bahasa lisan
-
Bahasa lisan merupakan bahasa yang
primer
-
Dapat disesuaikan dengan situasi
-
Bahasa lisan lebih ekspresif
b.
Kelemahan bahasa lisan
-
Bahasa lisan dipengaruhi oleh wakru dan
kondisi
-
Yang dibicarakan belum tentu dapat
dimengerti oleh pendengaran
c.
Kelebihan bahasa tulisan
-
Adanya penggunaan tanda baca
-
Dapat digunakan untuk menyampaikan
informasi
-
Tidak terkait dengan kondisi dan waktu
d.
Kekurangan bahasa tulisan
-
Sering terjadi salah paham
-
Perlu pemahaman bagi yang menerima
-
Tidak dapat bertemu secara langsung
Dengan demikian kita dapat menyimpulkan
bahwa bahasa lisan dan bahasa tulisan, masing-masing mempunyai kelebihan dan
kekurangan dalam bahasa.
Post a Comment