Selamat datang Iskandar Menulis.Com

Featured post

Membangun Hubungan Interpersonal Antara Pustakawan Dan Pemustaka

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Konsep perpustakaan sebagai sebuah kesatuan organisasi yang terstuktur dalam tujuanya m...

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMA KELUARGA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN IPA KELAS 3 TIGA SEMESTER 1 SATU

Friday, 5 December 20140 comments




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


TEMA                                    : KELUARGA
MAPEL                                 : Bahasa Indonesia, IPA
KELAS / SEMESTER         : III / I
HARI / TANGGAL              : Jum’at. 06 Juli 2012
ALOKASI WAKTU                        : 5 X 35 MENIT

       I.            Standar Kompetensi
1.      Matematika                       : 1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan
      cerita anak yang dilisankan.
2.    Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalamn, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan / saran.
3.    Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca.
4.    Mengugkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam paragraf dan puisi.
2.      IPA                                   : 1. Memahami ciri-ciri kebutuhan mahluk
      hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
      perubahan pada mahluk hidup.

    II.            Kompetensi Dasar                 :
1.         Bahasa Indonesia             :  1.2. Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak
  yang disampaikan
1.3  Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan mengunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
1.2  Menjelaskan isi (100-500 kata) melalui membaca intensif
 4.2    Menulis puisi anak berdasarkan gambar
2.         IPA                                  : 1.2. Mengolongkan mahluk hidup secara sederhana


 III.            Indikator
1.    Bahasa Indonesia                  : Ulangan harian
2.    IPA                                       : Ulangan harian

 IV.            Tujuan
1.    Bahasa Indonesia                  : Siswa dapat menyelesaikan soal dengan benar
2.    IPA                                       : Siswa dapat menyelesaikan soal dengan benar



Bacalah teks cerita berikut !
Ayah Ku Pahlawan Keluargaku
Aayahku seorang guru SD beliau orang yang sabar dan tekun. Tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. Dikeluarga ditanamkan sikap tolong-menolong , sejak bangun tidur sampai menjelang tidur lagi. Kami mempunyai tugas dan tanggung jawab masing-masing.
            Yoga, kamukan sudah besar, itulah nasihat ayah yang sering aku dengar Ayo ajari adikmu belajr menggambar, sambung ayahku, ketika aku melihat adiku yang asyik bermain alat-alat tulis.
            Selain mengandalkan pendapatan dari gaji, ayahku juga senang berkebun tanah perkarangan di belakang rumah ditanami dengan berbagai macam sayuran, ibu ku yang menjual ke pasa, aku dan adiku, rani sering ikut ayah berkebun.
            Aku benar-benar bangga dengan ayahku, kami diajak belajar dengan tekun dan gigih mewujudkan cita-cita, kata ayahku, “Rumah dan perkarangan ini, ayah beli dari hasil keringat ayah dan ibunu. Kita harus bekerja kerass dan tidak boleh pantang menyerah.
A.    Jawabloah pertanyaan berikut berdasrkan teks cerita !
1.      Bagaimanakah watak ayah dalam cerita diatas ?
2.      Apa yang ditanam di keluarga yoga ?
3.      Apa saja yang perlu di contoh dari ayah yoga ?
4.      Bagaimana pendapatmu tentang cerita diatas ?
B.     Berilah tanggapan dan saranmu terhadap masalah-masalah berikut ?
-          Masalah           : Malas membantu orang tua
-          Tanggapan       : . . .
-          Saran               :  . . .
-          Masalah           : Membuang-buang waktu
-          Tanggapan       : . . .
-          Saran               :  . . .

C.     Buatlah puisi berdasarkan gambar berikut !

Halaman Rumahku
Kau tempat bermain
Kau tempatku bersenda gurau
........................................
........................................
.........................................









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


TEMA                                    : KELUARGA
MAPEL                                 : Bahasa Inggris, SBK
KELAS / SEMESTER         : III / I
HARI / TANGGAL              : Sabtu, 07 September 2014
ALOKASI WAKTU                        :


       I.            Standar Kompetensi
1.      Bahasa Inggris                  :
2.      SBK                                  : 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni
      rupa
3.      Bahasa Aceh                     : Mampu jie membaca ngon jie tuleh makna
  kata.

    II.            Kompetensi Dasar                 :
1.         SBK                                 : 2.1 mengekspresikan diri melalui gambar
        dekoratif dan  motif hias daerah setempat

 III.            Indikator                                : Ulangan harian

 IV.            Tujuan                                   : Siswa dapat menyelesaikan tugas dengan
  benar




    V.            Langkah – langkah Pembelajaran

No.

Uraian Kegiatan


Pengorganisasian
Siswa
Waktu
Nilai Karakter
1
Kegiatan Awal


Religius

-          Memberi salam, berdoa, mengabsen
Klasikal



-          Apersepsi
Klasikal



-          Memberi acuan dengan menulis tujuan pembelajaran
Klasikal


2
Kegiatan inti




1.      B. Inggris




Disampaikan oleh guru B. Inggris




2.      SBK




3.      Menyelesaikan soal ulangan


Mandiri jujur






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


TEMA                                  : KELUARGA
MAPEL                               : MTK, IPA, PKN
KELAS / SEMESTER       : III / I
HARI / TANGGAL                        : Senin, 09 September 2012
ALOKASI WAKTU          : 7 x 35 Menit


       I.            Standar Kompetensi
1.      Matematika                       :  Ulangan Harian
2.      IPA                                   : 2. Memahami kondisi lingkungan yang
      bepengaruh terhadap kesehatan dan upaya
      menjaga kesehatan
3.      PKN                                  : 1. Mengenal makna dari sumpah pemuda

    II.            Kompetensi Dasar                 :
1.         IPA                                  : 2.1 Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan
 lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan.
2.         PKN                                 : 1.2 mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda
 dalam kehidupan sehari-hari.

 III.            Indikator
1.         IPA                                  :  - Menjelaskan ciri-ciri lingkungan yang sehat
      dan tidak sehat
2.         PKN                                 : - Menjelaskan manfaat dari pemuda

 IV.            Tujuan Pembelajaran           :
1.         MTK                                : Siswa dapat menyelesaikan soal dengan tepat
  dan benar
2.         IPA                                  : Melalui pengamatan siswa dapat menjelaskan
  ciri-ciri lingkunga yang sehat dan tidak sehat
  dengan benar
3.         PKN                                 : Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan
  manfaat dari pemuda dengan tepat dan benar

    V.            Materi Pokok
1.         IPA                                  : Lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
2.         PKN                                 : Sumpah pemuda

 VI.            Media dan Sumber               :

VII.            Metode                                   : Pengamatan, tanya jawab, diskusi, ceramah,
  penugasan
VIII.            Langkah-Langkah Pembelajaran

No.

Uraian Kegiatan


Pengorganisasian
Siswa
Waktu
Nilai Karakter
1
Kegiatan Awal

150


-          Memberi salam, berdoa, mengabsen
Klasikal

Religius

-          Memotivasi siswa dengan
Klasikal



-          Memberi acuan dengan menulis tujuan pembelajaran
Klasikal


2
Kegiatan inti




1.      Matematika

1500


Menyelesaikan soal ulangan


Mandiri

Eksplorasi




-          Mengamati gambar lingkungan sehat dan tidak sehat
Klasikal

Mandiri jujur

-          Menggali informasi terhadap hasil pengamatan
Klasikal

Peduli Lingkunga

-          Informasi singkat tentang ciri lingkungan sehat dan tidak sehat
Klasikal



-          Membaca teks sumpah pemuda
Klasikal

Gemar membaca

-          Tanya jawab teks sumpah pemuda
Klasikal

Cinta tanah air

-          Menjelaskan manfaat dari sumpah pemuda
Klasikal

Semangat kebangsaan

Elaborasi




-          Berdiskusi mengerjakan LKS
Kelompok

Tanggung Jawab

-          Mempresentasikan hasil diskusi
Kelompok

Bersahabat

Konfirmasi




-          Memberi penguatan terhadap hasil diskusi
Klasikal


3.
Kegiatan Akhir

800


-          Menyimpulkan
Klasikal

Jujur mandiri

-          Evaluasi/Reflek
Individu



-          Pesan Moral/PR
Klasikal



-          Menyampaikan Pelajaran Lanjutan
Klasikal



 IX.            Penilaian Prose dan Hasil    
a.       Proses              : Keaktifan, kerja sama, keberanian, bahasa
b.      Hasil                : LKS, Jawaban soa, Jawaban PR                  

LKS (IPA)

Petunjuk ! Amatilah gambar berikut, diskusikanlah ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat.
Lingkungan
Ciri- Ciri Lingkungan

Gambar a

Gambar b


Kesimpulan :
Gambar a termasuk lingkungan :
Gambar b termasuk lingkungan :

Lembar Evaluasi IPA
Jawablah Pertanyaan berikut !
1.      Lingkungan dapat dibedakan menjadi dua yaitu ?
2.      Apa yang dimaksud dengan lingkungan sehat ?
3.      Apa yang dimaksud dengan lingkungan tidak sehat ?
4.      Sebutkan 3 ciri lingkungan sehat ?
5.      Sebutkan 3 ciri lingkungan tidak sehat ?
Kunci Jawaban                                                                              
1.      Lingkungan sehat dan tidak sehat
2.      Lingkungan yang belum tercemar
3.      Lingkungan yang sudah tercemar                                        
4.      Udara bersih dan segar, tanah yang subur sumber air yang bersih sampah tidak berserakan dan lain-lain.
5.      Udara kotor, banyak debu dan asap sumber air tidak bersih, saluran air tidak lancar dan lain-lain.

LKS
Isilah titik-titil berikut !
1.      Meskipun pulau-pulau di indonesia tersebar, namun semuanya dibingkai negara . . .
2.      Dahulu perjuangan para pemuda masih bersifat  . . .
3.      Bahasa Indonesia sebagai bahasa . . .
4.      Salah satu manfaat sumpah pemuda dapat terciptanya kerukunan  . . .
5.      Ketika menyayikan lagu Indonesia raya sikap . . .
Kunci Jawaban
1.    Indonesia (NKRI)
2.    Kedaerahan
3.    Persatuan
4.    Hidup
5.    Berdiri tegap
Share this article :

Post a Comment

 
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger