RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMA : KELUARGA
MAPEL : Bahasa
Indonesia, IPA
KELAS
/ SEMESTER : III / I
HARI
/ TANGGAL : Jum’at. 06
Juli 2012
ALOKASI
WAKTU : 5
X 35 MENIT
I.
Standar
Kompetensi
1. Matematika :
1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan
cerita anak yang dilisankan.
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalamn, dan petunjuk
dengan bercerita dan memberikan tanggapan / saran.
3. Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif
dan membaca.
4. Mengugkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam
paragraf dan puisi.
2. IPA : 1. Memahami ciri-ciri kebutuhan mahluk
hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada mahluk hidup.
II.
Kompetensi
Dasar :
1.
Bahasa Indonesia : 1.2. Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak
yang disampaikan
1.3
Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan
mengunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
1.2
Menjelaskan isi (100-500 kata) melalui membaca intensif
4.2
Menulis puisi anak berdasarkan gambar
2.
IPA :
1.2. Mengolongkan mahluk hidup secara sederhana
III.
Indikator
1.
Bahasa Indonesia :
Ulangan harian
2.
IPA :
Ulangan harian
IV.
Tujuan
1.
Bahasa Indonesia :
Siswa dapat menyelesaikan soal dengan benar
2.
IPA :
Siswa dapat menyelesaikan soal dengan benar
Bacalah
teks cerita berikut !
Ayah Ku Pahlawan Keluargaku
Aayahku seorang guru SD beliau orang yang sabar dan tekun. Tidak ada waktu
yang terbuang sia-sia. Dikeluarga ditanamkan sikap tolong-menolong , sejak
bangun tidur sampai menjelang tidur lagi. Kami mempunyai tugas dan tanggung
jawab masing-masing.
Yoga, kamukan sudah besar,
itulah nasihat ayah yang sering aku dengar Ayo ajari adikmu belajr menggambar,
sambung ayahku, ketika aku melihat adiku yang asyik bermain alat-alat tulis.
Selain mengandalkan
pendapatan dari gaji, ayahku juga senang berkebun tanah perkarangan di belakang
rumah ditanami dengan berbagai macam sayuran, ibu ku yang menjual ke pasa, aku
dan adiku, rani sering ikut ayah berkebun.
Aku benar-benar bangga
dengan ayahku, kami diajak belajar dengan tekun dan gigih mewujudkan cita-cita,
kata ayahku, “Rumah dan perkarangan ini, ayah beli dari hasil keringat ayah dan
ibunu. Kita harus bekerja kerass dan tidak boleh pantang menyerah.
A.
Jawabloah pertanyaan berikut berdasrkan teks cerita !
1.
Bagaimanakah watak ayah dalam cerita diatas ?
2.
Apa yang ditanam di keluarga yoga ?
3.
Apa saja yang perlu di contoh dari ayah yoga ?
4.
Bagaimana pendapatmu tentang cerita diatas ?
B.
Berilah tanggapan dan saranmu terhadap masalah-masalah berikut ?
-
Masalah : Malas membantu
orang tua
-
Tanggapan : . . .
-
Saran : . . .
-
Masalah : Membuang-buang
waktu
-
Tanggapan : . . .
-
Saran : . . .
C.
Buatlah puisi berdasarkan gambar berikut !
Halaman Rumahku
Kau tempat bermain
Kau tempatku bersenda gurau
........................................
........................................
.........................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMA : KELUARGA
MAPEL : Bahasa
Inggris, SBK
KELAS
/ SEMESTER : III / I
HARI
/ TANGGAL : Sabtu, 07
September 2014
ALOKASI
WAKTU :
I.
Standar
Kompetensi
1. Bahasa Inggris :
2. SBK : 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni
rupa
3. Bahasa Aceh :
Mampu jie membaca ngon jie tuleh makna
kata.
II.
Kompetensi
Dasar :
1.
SBK :
2.1 mengekspresikan diri melalui gambar
dekoratif
dan motif hias daerah setempat
III.
Indikator : Ulangan harian
IV.
Tujuan : Siswa dapat
menyelesaikan tugas dengan
benar
V.
Langkah – langkah Pembelajaran
No.
|
Uraian Kegiatan
|
Pengorganisasian
|
||
Siswa
|
Waktu
|
Nilai Karakter
|
||
1
|
Kegiatan Awal
|
Religius
|
||
-
Memberi salam,
berdoa, mengabsen
|
Klasikal
|
|||
-
Apersepsi
|
Klasikal
|
|||
-
Memberi acuan
dengan menulis tujuan pembelajaran
|
Klasikal
|
|||
2
|
Kegiatan inti
|
|||
1.
B. Inggris
|
||||
Disampaikan oleh guru
B. Inggris
|
||||
2.
SBK
|
||||
3.
Menyelesaikan
soal ulangan
|
Mandiri jujur
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMA : KELUARGA
MAPEL : MTK, IPA, PKN
KELAS
/ SEMESTER : III / I
HARI
/ TANGGAL : Senin, 09
September 2012
ALOKASI
WAKTU : 7 x 35 Menit
I.
Standar
Kompetensi
1. Matematika : Ulangan
Harian
2. IPA : 2. Memahami kondisi lingkungan yang
bepengaruh terhadap kesehatan dan upaya
menjaga kesehatan
3. PKN :
1. Mengenal makna dari sumpah pemuda
II.
Kompetensi
Dasar :
1.
IPA :
2.1 Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan
lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan.
2.
PKN :
1.2 mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda
dalam kehidupan sehari-hari.
III.
Indikator
1.
IPA : - Menjelaskan ciri-ciri lingkungan yang sehat
dan tidak sehat
2.
PKN :
- Menjelaskan manfaat dari pemuda
IV.
Tujuan Pembelajaran :
1.
MTK :
Siswa dapat menyelesaikan soal dengan tepat
dan benar
2.
IPA :
Melalui pengamatan siswa dapat menjelaskan
ciri-ciri
lingkunga yang sehat dan tidak sehat
dengan benar
3.
PKN :
Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan
manfaat dari
pemuda dengan tepat dan benar
V.
Materi Pokok
1.
IPA :
Lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
2.
PKN :
Sumpah pemuda
VI.
Media dan Sumber :
VII.
Metode : Pengamatan,
tanya jawab, diskusi, ceramah,
penugasan
VIII.
Langkah-Langkah Pembelajaran
No.
|
Uraian Kegiatan
|
Pengorganisasian
|
||
Siswa
|
Waktu
|
Nilai Karakter
|
||
1
|
Kegiatan Awal
|
150
|
||
-
Memberi salam,
berdoa, mengabsen
|
Klasikal
|
Religius
|
||
-
Memotivasi
siswa dengan
|
Klasikal
|
|||
-
Memberi acuan
dengan menulis tujuan pembelajaran
|
Klasikal
|
|||
2
|
Kegiatan inti
|
|||
1.
Matematika
|
1500
|
|||
Menyelesaikan soal
ulangan
|
Mandiri
|
|||
Eksplorasi
|
||||
-
Mengamati
gambar lingkungan sehat dan tidak sehat
|
Klasikal
|
Mandiri jujur
|
||
-
Menggali
informasi terhadap hasil pengamatan
|
Klasikal
|
Peduli Lingkunga
|
||
-
Informasi
singkat tentang ciri lingkungan sehat dan tidak sehat
|
Klasikal
|
|||
-
Membaca teks
sumpah pemuda
|
Klasikal
|
Gemar membaca
|
||
-
Tanya jawab
teks sumpah pemuda
|
Klasikal
|
Cinta tanah air
|
||
-
Menjelaskan
manfaat dari sumpah pemuda
|
Klasikal
|
Semangat kebangsaan
|
||
Elaborasi
|
||||
-
Berdiskusi
mengerjakan LKS
|
Kelompok
|
Tanggung Jawab
|
||
-
Mempresentasikan
hasil diskusi
|
Kelompok
|
Bersahabat
|
||
Konfirmasi
|
||||
-
Memberi
penguatan terhadap hasil diskusi
|
Klasikal
|
|||
3.
|
Kegiatan Akhir
|
800
|
||
-
Menyimpulkan
|
Klasikal
|
Jujur mandiri
|
||
-
Evaluasi/Reflek
|
Individu
|
|||
-
Pesan Moral/PR
|
Klasikal
|
|||
-
Menyampaikan
Pelajaran Lanjutan
|
Klasikal
|
IX.
Penilaian Prose dan Hasil
a.
Proses : Keaktifan, kerja
sama, keberanian, bahasa
b.
Hasil : LKS, Jawaban
soa, Jawaban PR
LKS (IPA)
Petunjuk
! Amatilah gambar berikut, diskusikanlah ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak
sehat.
Lingkungan
|
Ciri- Ciri Lingkungan
|
Gambar a
Gambar b
|
Kesimpulan
:
Gambar a termasuk lingkungan :
Gambar b termasuk lingkungan :
Lembar Evaluasi IPA
Jawablah
Pertanyaan berikut !
1.
Lingkungan dapat
dibedakan menjadi dua yaitu ?
2.
Apa yang
dimaksud dengan lingkungan sehat ?
3.
Apa yang
dimaksud dengan lingkungan tidak sehat ?
4.
Sebutkan 3 ciri
lingkungan sehat ?
5.
Sebutkan 3 ciri
lingkungan tidak sehat ?
Kunci
Jawaban
1.
Lingkungan sehat
dan tidak sehat
2.
Lingkungan yang
belum tercemar
3.
Lingkungan yang
sudah tercemar
4.
Udara bersih dan
segar, tanah yang subur sumber air yang bersih sampah tidak berserakan dan
lain-lain.
5.
Udara kotor,
banyak debu dan asap sumber air tidak bersih, saluran air tidak lancar dan
lain-lain.
LKS
Isilah
titik-titil berikut !
1.
Meskipun
pulau-pulau di indonesia tersebar, namun semuanya dibingkai negara . . .
2.
Dahulu
perjuangan para pemuda masih bersifat .
. .
3.
Bahasa Indonesia
sebagai bahasa . . .
4.
Salah satu
manfaat sumpah pemuda dapat terciptanya kerukunan . . .
5.
Ketika
menyayikan lagu Indonesia raya sikap . . .
Kunci Jawaban
1.
Indonesia (NKRI)
2.
Kedaerahan
3.
Persatuan
4.
Hidup
5.
Berdiri tegap
Post a Comment