Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Nama Sekolah : SD Negeri 33 Pangkal Pinang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : V / 1
Standar Kompetensi : 3. Memahami teks dengan
membaca teks percakapan , membaca cepat 75 kata / menit dan membaca puisi
Kompetensi Dasar :
3.3 Membaca puisi dengan lafal
dan intonasi yang cepat.
I. Indikator
Membuat puisi dan membaca puisi
dengan baik.( tanggung jawab, kreatif,
kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu).
II.Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa dapat menyebutkan arti puisi
·
Siswa dapat menyebut bagian
–bagian puisi
·
Siswa dapat membuat puisinya
sendiri
·
Siswa dapat menyebut cara
membaca puisis
·
Siswa dapat membaca puisi
dengan baik
III.
Materi Pembelajaran
·
Menyebut arti puisi
·
Menyebut bagian-bagian puisi
·
Membuat puisi
·
Menyebut cara membaca puisi
IV.
Metode / model Pembelajaran
·
Metode : Ceramaha, pengamatan, penugasan, Tanya
jawab
·
Model pembelajaran : picture
and picture
V. Langkah-langkah pembelajaran
a. Kegiatan awal
(10 menit)
·
Pra pembelajaran :
ü Salam pembuka
(religius, disiplin)
ü Berdo’a (religius,
disiplin)
ü Mengabsen (religius, disiplin)
·
Apersepsi : Guru membacakan puisi (komunikatif)
·
Motivasi :
ü Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti
proses pembelajaran dengan membacakan sebuah puisi. (semangat kebangsaan)
ü Bertanya jawab sebuah puisi (rasa ingin tahu)
ü Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi Dasar yang akan
dicapai (tanggung jawab)
b. Kegiatan inti (40 menit)
·
Guru menyampaikan materi membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang
tepat (gemar membaca, rasa ingin tahu)
·
Guru menyajikan materi
pelajaran tentang puisi karya anak( rasa ingin tahu, komunikatif)
·
Guru menunjukkan atau
memperlihatkan gambar-gambar yang berkaitan dengan puisi ( rasa ingin tahu,
komunikatif)
·
Guru menunjuk atau memanggil
siswa secara bergantian untuk memasang mengurutkan puisi yang lengkap ( rasa ingin tahu, komunikatif)
·
Guru menanyakan alasan atau
dasar pemikiran urutan puisi yang benar (kreatif, mandiri)
·
Dari alasan atau urutan puisi
guru memulai menanamkan konsep atau materi puisi sesuai dengan kompetensi yang
ingin dicapai (mandiri, komunikatif)
·
Guru menyimpulkan tentang
materi puisi (kreatif).
c. Kegiatan
akhir 20 menit
·
Bersama-sama dengan peserta
didik membuat rangkuman atau simpulan pelajaran (mandiri, tanggung jawab)
·
Melakukan penilaian atau
refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan (tanggung jawab)
·
Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran (tanggung jawab)
VI. Sumber atau Media atau Alat Pembelajaran
Sumber : Nurcholis Hanif dan Mafrukhi, 2007.
Saya senang Berbahasa Indonesia untuk SD, Edisi ke 7, Jakarta, Erlangga, hal 15-16.
VII. Evaluasi
·
Jenis Evaluasi : Tertulis,
Kognitif dan afektif.
·
Bentuk Evaluasi : Essay
·
Instrument Evaluasi : Terlampir, pengamatan dengan
lembar pengamat (dengan cara siswa membaca puisi)
Pangkal pinang, 3 -11-
2011
Mengetahui
Kepala Sekolah
Guru Bahasa Indonesia
SULFA, S.Pd
Hasleni, S.Pd. SD
NIP : 196304191983032005
NIP : 196602151989072001
Post a Comment