Selamat datang Iskandar Menulis.Com

Featured post

Membangun Hubungan Interpersonal Antara Pustakawan Dan Pemustaka

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Konsep perpustakaan sebagai sebuah kesatuan organisasi yang terstuktur dalam tujuanya m...

BAB I PENDAHULUAN A.    Latar Belakang Konsep perpustakaan sebagai sebuah kesatuan organisasi yang terstuktur dalam tujuanya melayani pemustaka, baik secara tidak langsung maupun langsung telah menimbulkan interaksi sosial. Profesi pustakawan dituntut untuk mampu bersikap lebih terbu...

Read more

BAB I PENDAHULUAN A.    LATAR BELAKANG Layanan sirkulasi diperpustakaan merupakan salah satu kegiatan yang berkaitan dengan pengguna perpustakaan.Pengertian layanan sirkulasi adalah layanan pengguna yang berkaitan dengan peminjaman,pengembalian,dan perpanjangan koleksi.layanan sirkula...

Read more

BAB I PENDAHULUAN 1.1  Latar Belakang Masyarakat lebih ‘mengenal’ pustakawan dengan sebutan “staf” di perpustakaan, “pegawai” di perpustakaan atau bahkan ‘penjaga buku di perpustakaan’. Anggapan itu seolah-olah membenarkan bahwa pustakawan bukanlah profesi, pustakawan bukanlah sebuah pekerjaan yang ...

Read more

BAB I PENDAHULUAN A.    Latar Belakang Komunikasi adalah penyampaian informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan bahasa, gambar, bilangan, symbol-simbol, grafik, suatu kegiatan atau proses penyampaian pesan itulah yang biasanya ...

Read more

KUMPULAN KATA-KATA MOTIVASI DARI BUKU FEEL (best seller) USTAD YUSUF MANSUR            Ini adalah kata-kata bijak  dalam sebuah buku yang ditulis oleh seorang ustad yang terkemuka di Indonesia, yang pada saat ini nama beliau sedang besar-besarnya membahas tentang...

Read more

LAYANAN PEMINJAMAN MANDIRI BERBASIS RADIO FREQUENSI IDENTIFICATION (RFID) MAKALAH Diajukan untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Jasa Informasi dan Perpustakaan Oleh : ISKANDAR 531202847 FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA ...

Read more

PELESTARIAN NILAI INFORMASI KEDALAM ELEKTRONIK DIGITAL BAB I PENDAHULUAN A.    Latar Belakang Bahan pustaka adalah unsur penting dalam sistem perpustakaan, dimana bahan pustaka harus dilestarikan karena memiliki nilai informasi yang mahal. Bahan pustaka berupa terbitan buku, berka...

Read more

 Makalah pelestarian dan pengawetan bahan pustaka Pencegahan kerusakan bahan pustaka dari faktor kimia dan lingkungan BAB I PENDAHULUAN 1.1  Latar Belakang Perpustakaan merupakan salah satu lembaga yang memiliki peranan utama untuk mengumpulkan dan merawat dokumen dari masa lalu k...

Read more

PELESTARIAN BAHAN PUSTAKA DENGAN SISTEM PENJILIDAN BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Mengapa buku atau bahan pustaka harus dijilid? Menurut Cockerell, (1968:17): “Buku dijilid agar halaman-halamannya tersusun menurut urutan yang sebenarnya, dan untuk melindungi buku tersebut.” Dengan susuna...

Read more

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sekolah Dasar Bahasa Indonesia kelas lima 5 semester 1

Tuesday, 2 December 20140 comments



Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran

Satuan Pendidikan                          :  Sekolah Dasar
Nama Sekolah                                   :  SD Negeri 33 Pangkal Pinang
Mata Pelajaran                                 :  Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester                               :  V / 1
Standar Kompetensi                      : 3. Memahami teks dengan membaca teks percakapan , membaca cepat 75 kata / menit dan membaca puisi 
Kompetensi Dasar                           :  3.3  Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang cepat.

I.  Indikator
Membuat puisi dan membaca puisi dengan baik.( tanggung jawab, kreatif, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu).


II.Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat  menyebutkan arti puisi
·         Siswa dapat menyebut bagian –bagian puisi
·         Siswa dapat membuat puisinya sendiri
·         Siswa dapat menyebut cara membaca puisis
·         Siswa dapat membaca puisi dengan baik

III.    Materi Pembelajaran
·         Menyebut arti puisi
·         Menyebut bagian-bagian puisi
·         Membuat puisi
·         Menyebut cara membaca puisi

IV.    Metode  / model Pembelajaran
·   Metode  : Ceramaha, pengamatan, penugasan, Tanya jawab
·   Model pembelajaran : picture and picture




V. Langkah-langkah pembelajaran
a. Kegiatan awal (10 menit)
·         Pra pembelajaran            :
ü  Salam pembuka                (religius, disiplin)
ü  Berdo’a                (religius, disiplin)
ü  Mengabsen (religius, disiplin)
·         Apersepsi                            :  Guru membacakan puisi (komunikatif)
·         Motivasi                               :  
ü  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan membacakan sebuah puisi. (semangat kebangsaan)
ü  Bertanya  jawab sebuah puisi     (rasa ingin tahu)
ü  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi Dasar yang akan dicapai (tanggung jawab)

b. Kegiatan inti (40 menit)
·         Guru menyampaikan materi  membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat (gemar membaca, rasa ingin tahu)
·         Guru menyajikan materi pelajaran tentang puisi karya anak( rasa ingin tahu, komunikatif)
·         Guru menunjukkan atau memperlihatkan gambar-gambar yang berkaitan dengan puisi ( rasa ingin tahu, komunikatif)
·         Guru menunjuk atau memanggil siswa secara bergantian untuk memasang mengurutkan puisi  yang lengkap ( rasa ingin tahu, komunikatif)
·         Guru menanyakan alasan atau dasar pemikiran urutan puisi yang benar (kreatif, mandiri)
·         Dari alasan atau urutan puisi guru memulai menanamkan konsep atau materi puisi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai (mandiri, komunikatif)
·         Guru menyimpulkan tentang materi puisi (kreatif).

c. Kegiatan akhir 20 menit
·         Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman atau simpulan pelajaran (mandiri, tanggung jawab)
·         Melakukan penilaian atau refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan (tanggung jawab)
·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran (tanggung jawab)




VI.  Sumber atau Media atau Alat Pembelajaran
 Sumber : Nurcholis Hanif dan Mafrukhi, 2007. Saya senang Berbahasa Indonesia untuk SD,   Edisi ke 7, Jakarta, Erlangga, hal 15-16.
VII. Evaluasi
·         Jenis Evaluasi : Tertulis, Kognitif dan afektif.
·         Bentuk Evaluasi : Essay
·         Instrument  Evaluasi : Terlampir, pengamatan dengan lembar pengamat (dengan cara siswa membaca puisi)
Pangkal pinang, 3 -11- 2011
Mengetahui      
  Kepala Sekolah                                                                                                                 Guru Bahasa Indonesia



  SULFA, S.Pd                                                                                                                        Hasleni, S.Pd. SD
NIP : 196304191983032005                                                                                           NIP : 196602151989072001

Share this article :

Post a Comment

 
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger