HomeRencana Pelaksanaan Pembelajaran Sekolah Dasar Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 lima semester 1 satu
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sekolah Dasar Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 lima semester 1 satu
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
SatuanPendidikan : SekolahDasar
NamaSekolah : SD
Negeri 33 Pangkalpinang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VI / I
StandarKompetensi: 4.mengungkapkan pikiran,perasaandaninformasi
secaratertulisdalambentukFormulir,ringkasan,dialog
danparafrase.
KompetensiDasar : 4.1
Mengisiformulir(pendaftaran,kartuanggota,wesel
pos,kartupos,daftarriwayathidup,dll)denganbenar.
I.
Indikator
·
Mengidentifikasi
cirri-ciribahasadariformulir(daftarriwayathidup
(kreatif,toleransi,mandiri,rasaingintahu).
·
Mengisiformulirdaftarriwayathidup(kreatif,mandiri,kimunikatif,tanggungjawab).
·
Menarasikanisiformulir(bersahabat/komunikatif).
·
Membuatformulirpendaftaran(tanggungjawab,mandiri,rasaingintahu,menghargaiprestasi).
II.
TujuanPembelajaran
·
Siswadapatmenyebutkanciri-ciribahasadariformulirdaftarriwayathidup.
·
Siswadapatmengisiformulirdaftarriwayathidup.
·
Siswamembacaisiformulirriwayathidup.
·
Siswadapatmembuatformulirdaftarriwayathidup.
III.
MateriPembelajaran
·
Menyebutkan
cirri-ciribahasadariformulirdaftarriwayathidup.
·
Mengisiformulirdaftarriwayathidup.
·
Membacaisiformulirdaftarriwayathidup.
·
Membuatformulirpendaftaranriwayathidup.
IV.
Metode /Model Pembelajaran.
·
Metode :ceramah,pengamatan,penugasan,tanggungjawab.
·
Model Pembelajaran : picture and
picture
V.
Langkah-langkahPembelajaran
a.Kegiatanawal(
10Menit).
PraPembelajaran :
·
Salam pembuka (Religius,disiplin)
·
Berdoa (Religius,disiplin)
·
Mengabsen (Religius,disiplin)
Apersepsi
:Siswaditanyatentangapakahpernahmengikutisuatuacaralombadisekolah(Komunikatif).Siswamenjawabpernahmengikutilombatersebut(Komunikatif,Kreatif,TanggungJawab).
Motivasi :
·
Memotifasisiswadalamkesiapanmengikutipembelajaran(semangatkebangsaan).
·
Menyampaikantujuan yang
diharapkansetelahsiswamempelajarimateripokoksetelahindikator yang
dicapai(Tanggungjawab).
b.KegiatanInti (40 menit).
·
Siswamemperhatikancontohformulir
yang ditunjukanguru(gemarmemcbaca,rasaingintahu).
·
Guru
menyampaikanmateriformulirdaftarriwayathidup(gemarmembaca,rasaingintahu).
Guru menyebutkan cirri-ciribahasadariformulirdaftarriwayathidup
(kreatif,toleransi,mandiri,rasaingintahu).
Siswadimintamengisiformulirdaftarriwayathidup(mandiri,kreatif,komunikatif,tanggungjawab).
Beberapasiswadimintakedepanuntukmenunjukkanhasilkerjanyadandibahasbersama(mandiri,kreatif,komunikatif).
Membuatkesimpulantentangmateri yang telahdipelajari(kreatif).
c.KegiatanAkhir (20 menit).
Siswamengerjakanevaluasitentangmengisiformulirdaftarriwayathidup(Mandiri,tanggungjawab).
Penguatanoleh guru
tentanghasilkerjasiswamengenaiformulirdaftarriwayathidup(menghargaiprestasi).
Memberitugasuntukpekerjaanrumah(Tanggungjawab).
VI.
Sumber /Bahan/AlatPembelajaran
Sumber :Nurcholishanifdan
Mafrukhi,2007.Saya senangberbahasa Indonesia untukSD,Edisike 7,Jakarta
Erlangga,hal 15-16.
AlatPembelajaran :Formulirdaftarriwayathidup.
VII. Penilaian
JenisPenilaian :tertulis,kognitif,danafektif.
BentukEvaluasi : Essay.
InstrumenEvaluasi :Terlampit,pengamatandenganlembarpengamatan(dengancaraFormulirdaftarriwayathidup).
Mengetahui Pangkalpinang.
KepalaSekolah Guru Bahasa Indonesia
SULFA, S.pd Hasleni,
S.pd SD.
Nip.196304191983032005 Nip.196602151989072001
Post a Comment