RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SD Negeri 33
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IV/1
Standar
Kompetensi :
1. Mendengarkan
Mendengarkan
penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps.
2. Berbicara
Mendeskripsikan
secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat.
3. Membaca
Memahami
teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam
kamusiensiklopedi.
4. Menulis
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan,
petunjuk, cerita,dan surat.
Kompetensi Dasar :
1.1 Membuat gambar atau denah berdasarkan
penjelasan yang didengar.
2.2 Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat
dengan bahasa yang baik dan benar.
3.1 Menemukan pikiran pokok teks agak panjang
(150-200 kata) dengin cara membaca sekilas.
4.4 Menulis
surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang
baik dan benar danmemperhatikan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma,
dll).
Indikator :
·
Siswa Membuat gambar atau denah sesuai dengan
penjelasan dari guru (kreatif, kerja
keras).
·
Siswa Mencatat isi petunjuk atau membuat
sketsa petunjuk sesuai dengan yang didengar (kreatif, rasa ingin tahu).
·
Siswa Menjelaskan kembali isi petunjuk (kreatif, mandiri).
Alokasi Waktu : ... x 1 jam pelajaran
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat:
1.
Menjelaskan, mencatat, dan membuat gambar atau denah berdasarkan penjelasan
yang didengar.
2.
Mencatat dan menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat secara rinci dengan bahasa
yang baik danbenar.
3. Membaca dan
menemukan pikiran pokok dalam sebuah teks bacaan.
4.
Menulis surat dengan memperhatikan EYD yang tepat dan menjelaskan bagian-bagian
surat.
B. Materi Ajar
1. Petunjuk
denah
2. Petunjuk
penggunaan alat
3. Teks bacaan
4. Surat
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
bervariasi
2. Diskusi
3. Inkuiri
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6.
Observasi/pengamatan
(Menyesuaikan kondisi KBM) :
D.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru
mengucapkan salam dan memimpin doa sebelum memulai pelajaran.
2. Guru
memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
3.
Guru memberikan pengantar kepada siswa mengenai tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Kegiatan
lnti
a) Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-
Melibatkan peserta didik mencari
infor,masi yang luas dan dalam tentang tema materi yang akandipelajari dengan
menerapkan prinsip alam,takambang jadi guru dapat belajar dari aneka sumber.
-
Menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajarlain,
-
Memfasilitasi terjadinya interaksi
.antarsiswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dansumber belajar
lainnya;
-
Melibatkan siswa secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
-
memfasilitasi peserta didik melakukan
periobaan di luar kelas, misalnya di laboratorium, studio, ataulapangan.
b) Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-
Guru menjelaskan gambar denah beserta
keterangannya
-
Siswa membuat garnbar, atau denah sesuai
dengan penjelasan dari guru, kemudian mencatat isipetunjuk sesuai dengan yang
didengar dan menjelaskan kembali isi petunjuk.
-
Guru menjelaskan petunjuk penggunaan
suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar
-
Siswa mencatat dan menjelaskan kembali
petunjuk penggunaan suatu alat secara rinci dengan bahasa yang baik dan benar
-
Guru membaca sekilas teks agak panjang
-
Siswa menentukan pikiran pokok dalam
teks yang dibacakan guru, kemudian menjelaskan isi teksdengan runtut
-
Guru memberikan contoh cara menulis
surattentang pengalaman dan cita-cita dengan gaya penceritaan yang menarik dan
memperhatikan penggunaan EYD
-
siswa menulis surat tentang pengalaman
dan cita-cita dengan gaya penceritaan yang menarik danmemperhatikan penggunaan
EYD dengan bimbingan guru.
c) Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
-
Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
-
Guru bersama siswa membuat kesimpulan
hasil belajar
-
Guru melakukan penilaian dan atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsistendan
terprogram.
-
Guru memberikan posttest untuk
mengetahui daya serap materi.
-
Tindak lanjut dengan memberikan PR
berupa pengerjaan LKS.
E. Sumber
Belajar
KTSP
petunjuk denah, buku paket Bahasa Indonesia kelas lV, KBBI, TBBBI, dan buku
referensi lain yang relevan.
F. Penilaian
Hasil Belajar
Uji tertulis
Bentuk
instrument : pilihan ganda, Isian, dan uraian
Contoh soal :
Surat yang
ditulis atarkekerabatan disebut surat ….
a. Surat
resmi
b. Surat
instansi
c. Surat
dinas
d. Surat
tidak resmi
Uji praktik
1. Buatlah
sebuah surat tidak resmi (kepada teman, kepada orang tua, kepada kakek atau nenek)!
2. Surat
terdiri atas pembuka, isi dan penutup surat.
3. Jangan
lupa gunakan ejaan yang disempurnakan.
Post a Comment