Selamat datang Iskandar Menulis.Com

Featured post

Membangun Hubungan Interpersonal Antara Pustakawan Dan Pemustaka

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Konsep perpustakaan sebagai sebuah kesatuan organisasi yang terstuktur dalam tujuanya m...

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SD Bahasa Indonesia Kelas IV Semester 1

Tuesday, 2 December 20140 comments



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                : SD Negeri 33
Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                      : IV/1

Standar Kompetensi            :
1. Mendengarkan
Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps.
2. Berbicara
Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat.
3. Membaca
Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamusiensiklopedi.
4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita,dan surat.

Kompetensi Dasar                :
1.1 Membuat gambar atau denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
2.2 Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar.
3.1 Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengin cara membaca sekilas.
4.4 Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar danmemperhatikan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll).

Indikator        :
·         Siswa Membuat gambar atau denah sesuai dengan penjelasan dari guru (kreatif, kerja keras).
·         Siswa Mencatat isi petunjuk atau membuat sketsa petunjuk sesuai dengan yang didengar (kreatif, rasa ingin tahu).
·         Siswa Menjelaskan kembali isi petunjuk (kreatif, mandiri).

Alokasi Waktu                       : ... x 1 jam pelajaran

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat:
1. Menjelaskan, mencatat, dan membuat gambar atau denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
2. Mencatat dan menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat secara rinci dengan bahasa yang baik danbenar.
3. Membaca dan menemukan pikiran pokok dalam sebuah teks bacaan.
4. Menulis surat dengan memperhatikan EYD yang tepat dan menjelaskan bagian-bagian surat.

B. Materi Ajar
1. Petunjuk denah
2. Petunjuk penggunaan alat
3. Teks bacaan
4. Surat

C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inkuiri
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi/pengamatan
(Menyesuaikan kondisi KBM) :

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru mengucapkan salam dan memimpin doa sebelum memulai pelajaran.
2. Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
3. Guru memberikan pengantar kepada siswa mengenai tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Kegiatan lnti
a) Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-          Melibatkan peserta didik mencari infor,masi yang luas dan dalam tentang tema materi yang akandipelajari dengan menerapkan prinsip alam,takambang jadi guru dapat belajar dari aneka sumber.
-          Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajarlain,
-          Memfasilitasi terjadinya interaksi .antarsiswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dansumber belajar lainnya;
-          Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
-          memfasilitasi peserta didik melakukan periobaan di luar kelas, misalnya di laboratorium, studio, ataulapangan.
b)  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-          Guru menjelaskan gambar denah beserta keterangannya
-          Siswa membuat garnbar, atau denah sesuai dengan penjelasan dari guru, kemudian mencatat isipetunjuk sesuai dengan yang didengar dan menjelaskan kembali isi petunjuk.
-          Guru menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar
-          Siswa mencatat dan menjelaskan kembali petunjuk penggunaan suatu alat secara rinci dengan bahasa yang baik dan benar
-          Guru membaca sekilas teks agak panjang
-          Siswa menentukan pikiran pokok dalam teks yang dibacakan guru, kemudian menjelaskan isi teksdengan runtut
-          Guru memberikan contoh cara menulis surattentang pengalaman dan cita-cita dengan gaya penceritaan yang menarik dan memperhatikan penggunaan EYD
-          siswa menulis surat tentang pengalaman dan cita-cita dengan gaya penceritaan yang menarik danmemperhatikan penggunaan EYD dengan bimbingan guru.
c)  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-          Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-          Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
-          Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar
-          Guru melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsistendan terprogram.
-          Guru memberikan posttest untuk mengetahui daya serap materi.
-          Tindak lanjut dengan memberikan PR berupa pengerjaan LKS.

E. Sumber Belajar
KTSP petunjuk denah, buku paket Bahasa Indonesia kelas lV, KBBI, TBBBI, dan buku referensi lain yang relevan.




F. Penilaian Hasil Belajar
Uji tertulis
Bentuk instrument : pilihan ganda, Isian, dan uraian
Contoh soal :
Surat yang ditulis atarkekerabatan disebut surat ….
a.       Surat resmi
b.      Surat instansi
c.       Surat dinas
d.      Surat tidak resmi

Uji praktik
1.      Buatlah sebuah surat tidak resmi (kepada teman, kepada orang tua, kepada kakek atau nenek)!
2.      Surat terdiri atas pembuka, isi dan penutup surat.
3.      Jangan lupa gunakan ejaan yang disempurnakan.































Share this article :

Post a Comment

 
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger