Selamat datang Iskandar Menulis.Com

Featured post

Membangun Hubungan Interpersonal Antara Pustakawan Dan Pemustaka

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Konsep perpustakaan sebagai sebuah kesatuan organisasi yang terstuktur dalam tujuanya m...

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMP IPS KELAS TUJUH SEMSTER GANJIL

Tuesday, 23 December 20140 comments






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SMP
Mata Pelajaran            : IPS
Kelas / Semester          : VII / Ganjil
Materi Pokok              : Kelembagaan Sosial.

Alokasi Waktu            : 1 x 30 Menit

A.    KOMPETENSI INTI (KI)

1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati, mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi   atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,  serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan mampu menggunakan metoda sesuai  kaidah keilmuan.


B.  KOMPETENSI DASAR  (KD)

1.1  Mensyukuri sumberdaya sebagai karunia Tuhan YME dalam rangka pemenuhan kebutuhan.
2.1  Bersikap jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli, kreatif,mandiri, kritis dan analitis dalam     mengatasi permasalahan ekonomi
3.3 Memahami jenis-jenis kegelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
4.3 Menghasilkan gagasan kreatif untuk memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, bbbekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar.

C. INDIKATOR
                                                                                      
3.3.1 Mendeskripsikan pengertian kelembagaan sosial
3.3.2 Mengidentifikasikan ciri-ciri kelembagaan social
3.3.3 Menjelaskan jenis-jenis kelembagaan social, budaya, ekonomi, dan politik dilingkungan bbbbf masyarakat sekitar.
4.3.1 Mampu melaporkan hasil identifikasi ciri-ciri kelembagaan social
4.3.2 Mampu melaporkan hasil diskusi jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan ggggg politik dalam masyarakat

D. TUJUAN PEMBELAJARAN

Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran  kelembagaan sisial ini ini diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.  Mendeskripsikan pengertian kelembagaan social.
2.  Mengidentifikasikan ciri-ciri kelembagaan social.
3. Menjelaskan jenis-jenis kelembagaan social, budaya, ekonomi dan politik.
4. Melaporkan hasil diskusi tentang jenis-jenis kelembagaan sosial.



E. MATERI PEMBELAJARAN
1.      Pengertian kelembagaan sosial
2.      Ciri-ciri kelembagaan sosial
3.      Jenis-jenis kelembagaan social ( social,budaya,ekonomi,politik yang masih ada dalam hidup masyarakat sekarang ).

F.ALOKASI WAKTU
            1 x 30 menit

G. PENDEKATAN, METODE DAN TIPE PEMBELAJARAN

1. Pendekatan  :  Pendekatan Saintifik (scientific)
2. Metode        :  Diskusi, Inquiry, Tanya Jawab, Pemberian Tugas
3. Tipe             :  Picture dan picture dimodifikasi Make And Macth

H. ALAT/BAHAN, DAN SUMBER PEMBELAJARAN

1. Alat/bahan   : Papan tulis, Spidol, labtop, LCD
2. Sumber        : - Buku IPS kelas VII
  - Buku IPS lain yang releven, dan Internet







I.  LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan
Awal
a.         Apersepsi (absensi, doa)
b.        Menggali informasi kondisi awal siswa dikelas.
c.         Membantu siswa supaya bisa berkonsentrasi untuk memulai pelajaran.
d.        Penyampaian tujuan pembelajaran
e.         Pretes untuk mengetahui pemahaman awal siswa tentang pengertian kelembagaan sosial, cirri – ciri kelembagaan social, dan jenis – jenis kelembagaan social ( social, budaya, politik, dan ekonomi yang masih hidup dalam masyarakat sekarang ).


 5  menit
Kegiatan 
Inti
a.       Mengamati (Observing)
-          Guru menjelaskan aturan main dan batasan waktu untuk setiap kegiatan, memotivasi siswa terlibat pada aktifitas pemecahan masalah.
-          Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai oleh siswa.

b.      Menanya
Menumbuhkan rasa keingintahuan siswa melalui tanya jawab dengan cara mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi.

c.       Mengeksplorasi
-          Guru mempersiapkan gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
-          Guru membagikan gambar pada setiap kelompok yang terdiri dari 4-5 orang

d.      Mengasosiasikan (Associating)
-           Guru menyuruh kelompok mengidentifikasikan  cirri  kegiatan yang  ada pada gambar
-          Melalui diskusi kelompok didapatkan kesimpulan tentang cirri gambar yang di amati dan menamai kegiatan tersebut.

e.       Mengkomunikasikan Hasil (communication)
-          Satu orang siswa di panggil untuk berbagi pendapat kepada seluruh siswa dikelas dengan di pandu oleh guru.

20 menit
Kegiatan Akhir
a.       Memberi apresiasi terhadap keberhasilan proses pembelajaran. 

b.      Melaksanakan evaluasi dgn menerapkan tipe pembelajran make and macth dgn langkah sbb :
-          Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban.
-          Setiap siswa mendapatkan sebuah kartu yang bertuliskan soal/jawaban.
-          Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang.
-          Setiap siswa mencari pasangan kartu yang cocok dengan kartunya.
-          Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin.
-          Jika siswa tidak dapat mencocokkan kartunya dengan kartu temannya (tidak dapat menemukan kartu soal atau kartu jawaban) akan mendapatkan hukuman, yang telah disepakati bersama.

c.       Guru dan siswa membuat kesimpulan tentang materi yang baru saja dipelajari.

d.      Memberitahukan pokok bahasan yang akan dipelajari selanjutnya
5 menit


J. PENILAIAN
LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF

-          Teknik Penilaian          : Tes lisan
-          Bentuk penilaian tipe  : Make And Macth
-          Instrumen penilaian     : Terlampir
-           Pertanyaan                 : Terlampir
-          Kunci jawaban            : Terlampir
-          Teknik Penskoran        : Terlampir







Soal Essay :
1.      Apa yang dimaksud dengan lembaga social ?
2.      Sebutkan ciri lembaga social ?
3.      jelaskan tujuan dari adanya lembaga ekonomi ?
4.      Sebutkan jenis lembaga pendidikan ?
5.      Bagaimana peranan lembaga budaya dalam suatu Negara ?
Jawaban :
1.      Lembaga sosial adalah sekumpulan norma yang tersusun secara sistematis yang dibentuk dalam rangka memenuhi berbagai kebutuhan hidup manusia yang bersifat khusus.

2.      Ciri lembaga social :
·         Lembaga sosial harus memiliki kekekalan yang berlangsung lama.
·         Lembaga sosial memiliki satu atau beberapa tujuan tertentu.
·         Lembaga sosial memiliki alat atau perangkat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
3.      Tujuan lembaga ekonomi adalah terpenuhinya kebutuhan pokok untuk kelangsungan hidup masyarakat.

4.      Jenis-jenis lembaga pendidikan meliputi pendidikan formal, nonformal, dan informal.


5.      Yaitu berperan sebagai pengembangan budaya, ilmu pengetahuan, lingkungan, seni, dan pendidikan pada masyarakat yang ada pada suatu daerah atau negara


Teknik Penskoran
Jumlah Benar/Jumlah Soal x 100
5/5 x 100 = 100


LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI
DAN KINERJA PRESENTASI

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial ( Ips )
Kelas/Semester            : VII  / Ganjil
Kompetensi                 : KD 3.3 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan   NGHJ                            politik dalam masyarakat.

NO
Nama Siswa
Sikap
Keterampilan
Jumlah
Skor
Kejujuran
Disiplin
Tanggung Jawab
Kerja sama
Presentasi
Visual
Isi

(1)
(2
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)

1.       
Putrid Aldina








2.       
Maulina








3.       
Diska Nadya








4.       
Ayu Ajrina








5.       
Siti Sabariah








6.       
Isnaini fadilah








7.       
Dewi Juliana I.








8.       
Nurhijjah








9.       
Rezeki Asrina





















Keterangan :    Sangat tinggi   = 4                   Cukup tinggi   = 2
Tinggi              = 3                   Kurang                        = 1


Share this article :

Post a Comment

 
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger