Selamat datang Iskandar Menulis.Com

Featured post

Membangun Hubungan Interpersonal Antara Pustakawan Dan Pemustaka

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Konsep perpustakaan sebagai sebuah kesatuan organisasi yang terstuktur dalam tujuanya m...

BAB I PENDAHULUAN A.    Latar Belakang Konsep perpustakaan sebagai sebuah kesatuan organisasi yang terstuktur dalam tujuanya melayani pemustaka, baik secara tidak langsung maupun langsung telah menimbulkan interaksi sosial. Profesi pustakawan dituntut untuk mampu bersikap lebih terbu...

Read more

BAB I PENDAHULUAN A.    LATAR BELAKANG Layanan sirkulasi diperpustakaan merupakan salah satu kegiatan yang berkaitan dengan pengguna perpustakaan.Pengertian layanan sirkulasi adalah layanan pengguna yang berkaitan dengan peminjaman,pengembalian,dan perpanjangan koleksi.layanan sirkula...

Read more

BAB I PENDAHULUAN 1.1  Latar Belakang Masyarakat lebih ‘mengenal’ pustakawan dengan sebutan “staf” di perpustakaan, “pegawai” di perpustakaan atau bahkan ‘penjaga buku di perpustakaan’. Anggapan itu seolah-olah membenarkan bahwa pustakawan bukanlah profesi, pustakawan bukanlah sebuah pekerjaan yang ...

Read more

BAB I PENDAHULUAN A.    Latar Belakang Komunikasi adalah penyampaian informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan bahasa, gambar, bilangan, symbol-simbol, grafik, suatu kegiatan atau proses penyampaian pesan itulah yang biasanya ...

Read more

KUMPULAN KATA-KATA MOTIVASI DARI BUKU FEEL (best seller) USTAD YUSUF MANSUR            Ini adalah kata-kata bijak  dalam sebuah buku yang ditulis oleh seorang ustad yang terkemuka di Indonesia, yang pada saat ini nama beliau sedang besar-besarnya membahas tentang...

Read more

LAYANAN PEMINJAMAN MANDIRI BERBASIS RADIO FREQUENSI IDENTIFICATION (RFID) MAKALAH Diajukan untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Jasa Informasi dan Perpustakaan Oleh : ISKANDAR 531202847 FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA ...

Read more

PELESTARIAN NILAI INFORMASI KEDALAM ELEKTRONIK DIGITAL BAB I PENDAHULUAN A.    Latar Belakang Bahan pustaka adalah unsur penting dalam sistem perpustakaan, dimana bahan pustaka harus dilestarikan karena memiliki nilai informasi yang mahal. Bahan pustaka berupa terbitan buku, berka...

Read more

 Makalah pelestarian dan pengawetan bahan pustaka Pencegahan kerusakan bahan pustaka dari faktor kimia dan lingkungan BAB I PENDAHULUAN 1.1  Latar Belakang Perpustakaan merupakan salah satu lembaga yang memiliki peranan utama untuk mengumpulkan dan merawat dokumen dari masa lalu k...

Read more

PELESTARIAN BAHAN PUSTAKA DENGAN SISTEM PENJILIDAN BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Mengapa buku atau bahan pustaka harus dijilid? Menurut Cockerell, (1968:17): “Buku dijilid agar halaman-halamannya tersusun menurut urutan yang sebenarnya, dan untuk melindungi buku tersebut.” Dengan susuna...

Read more

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMA KELUARGA KELAS III SEMESTER 1 SATU TAHUN 2014

Thursday, 11 December 20140 comments






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


TEMA                                                : KELUARGA
MAPEL                                             : PENJAS, BAHASA INDONESIA, FIQIH
KELAS / SEMESTER                     : III / I
HARI / TANGGAL                          : Rabu, 11 September 2012
ALOKASI WAKTU                                    : 5 x 35 Menit


       I.            Standar Kompetensi
1.      Penjas                                :   Disampaikan oleh guru penjas
2.      Bahasa Indonesia              :  1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan
       cerita anak yang dilisankan
3.      Fiqih                                  :  Disampaikan oleh guru agama

    II.            Kompetensi Dasar                 :
1.         Bahasa Indonesia             : 1.1 Melahkukan sesuatu berdasarkan
        penjelasan yang disampaikan secara lisan

 III.            Indikator                                : - Menjelaskan petunjuk melahkukan sesuatu
     sesuai yang didengar

 IV.            Tujuan pembelajaran           : Setelah melahkukan permainan siswa dapat
 menjelaskan petunjuk melahkukan sesuatu   
 sesuai yang didengar dengan tepat dan benar .

    V.            Materi Pokok                         : Petunjuk penjelasan 
           
 VI.            Media dan Sumber               : Buku Bahasa Indonesia

VII.            Metode                                   : Permainan, tanya jawab, ceramah diskusi,
  Penugasan.
VIII.            Langkah-Langkah Pembelajaran

No.

Uraian Kegiatan


Pengorganisasian
Siswa
Waktu
Nilai Karakter
1
Kegiatan Awal

50


-          Memberi salam, berdoa, mengabsen
Klasikal

Religius Disiplin

-          Apersepsi
Klasikal



-          Memotivasi siswa dengan menyayikan lagu bermain layang
Klasikal



-          Memberi tujuan pembelajaran / memberi acuan
Klasikal


2
Kegiatan inti

350


Eksplorasi




-          Mendengarkan petunjuk melahkukan permainan
Individu

Mandiri

-          Melahkukan permainan


Kerja keras

-          Tanya jawab tentang permainan yang telah dilahkukan
Klasikal



-          Penjelasan singkat tentang petunjuk melahkukan sesuatu
Klasikal



Elaborasi




-          Berdiskusi mengerjakan LKS
Kelompok

Kerja Keras

-          Mempresentasikan hasil LKS
Kelompok



-          Menanggapi hasil diskusi kelompok lain
Klasikal



Konfirmasi




-          Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi



3
Kegiatan akhir

300


-          Menyimpulkan
Klasikal



-          Evaluasi / refleksi
Individual

Mandiri

-          Pesan moral / PR
Klasikal

Jujur

-          Menyampaikan pelajaran lanjutan
Klasikal





 IX.            Penilaian Proses Dan Hasil
a.       Proses                 : Keaktifan, kerja sama, keberanian, bahasa              
b.      Hasil                   : LKS, jawaban soal, PR


LKS
Petunjuk ! Diskusikan untuk menjelaskan petunjuk melahkukan permainan













Lembar Evaluasi
Permainan apa yang sering kamu lahkukan ? Buatlah petunjuk-petunjuk  untuk melahkukan permainan tersebut !
Share this article :

Post a Comment

 
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger