Selamat datang Iskandar Menulis.Com

Featured post

Membangun Hubungan Interpersonal Antara Pustakawan Dan Pemustaka

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Konsep perpustakaan sebagai sebuah kesatuan organisasi yang terstuktur dalam tujuanya m...

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP TEMA KELUARGA PELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR KELAS TIGA 3 SEMESTER 1 SATU 2014

Thursday, 11 December 20140 comments




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


TEMA                                  : KELUARGA
MAPEL                               : MTK, IPS, BAHASA ACEH
KELAS / SEMESTER       : III / I
HARI / TANGGAL                        : Kamis, 12 September 2012
ALOKASI WAKTU          : 7 x 35 Menit


       I.            Standar Kompetensi
1.      Matematika                       :   1. Melahkukan operasi hitung bilangan
`                                           sampai tiga angka
2.      IPS                                                :  1. Memahami lingkungan dan melaksanakan
 kerja sama disekitar rumah dan sekolah.
3.      B. Aceh                             : 3. Meubaca teks deungon lafal ngon intonasi
      yang betoi.

    II.            Kompetensi Dasar                
1.         Matematika                      : 1.3 Melahkukan perkalian yang hasilnya
bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka.
2.         IPS                                   : 1.2 Memelihara lingkungan alam dan buatan
 disekitar rumah dan sekolah
3.         B. Aceh                            : 3.1 Meubaca teks ceurita dengon lafal ngon
 intonasi nyang betoi

 III.            Indikator                                :
1.         Matematika                      :   - Melahkukan operasi hitung perkalian yang
hasilnya tiga angka
-    Menghitung perkalian dan pembagian sampai 100
2.         IPS                                   : Mengindentifikasi lingkungan alam buatan di
                                                  sekitar rumah
3.         B. Aceh                            : - Meubaca ceurita ngon intonasi yang betoi
-   Memahami teks yang akan dipeugot saboh keumarang.

 IV.            Tujuan Pembelajaran          
1.         Matematika                      : Setelah proses belajar mengajar siswa dapat melahkukan operasi hitung perkalian yang hasilnya tiga angka
  dengan tepat dan benar.
-  Menghitung perkalian dan pembagian sampai 100 dengan tepat dan benar.
2.         IPS                                   : Melalui tanya jawab siswa dapat mengindentifikasi lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dengan benar.
3.         B. Aceh                            : - Siswa dapat meubaca cecrita ngon intonasi yang betoi
-   Siswa dapat memnjawab pertanyaan

    V.            Materi Pokok            
1.         Matematika                      : Operasi bilangan
2.         IPS                                   : Lingkungan alam dan buatan
3.         B. Aceh                            : Cok eumpong tupee

 VI.            Media dan Sumber               :

VII.            Metode                                   : Ceramah, tanya jawab, demontrasi, diskusi,
  penugasan

VIII.            Langkah-langkah Pembelajaran

No.

Uraian Kegiatan


Pengorganisasian
Siswa
Waktu
Nilai Karakter
1
Kegiatan Awal

150


-          Memberi salam, berdoa, mengabsen
Klasikal

Religius Disiplin

-          Apersepsi
Klasikal



-          Memotivasi siswa dengan bernyanyi
Klasikal



-          Membuat kaitan dengan benda serta mengalihkan atau membaginya.
Klasikal

Kreatif

-          Memberi acuan dengan menuliskan tujuan pembelajaran



2
Kegiatan inti

1500


Eksplorasi




-          Mengali pengetahuan siswa tentang perkalian dan pembagian
Klasikal



-          Mendemontrasikan perkalian dan pembagian
Klasikal



-          Tanya jawab terhadap demontrasi yang dilahkukan
Klasikal



-          Penjelasan singkat tentang hitung perkalian
Klasikal



-          Mengamati gambar lingkungan
Klasikal



-          Menggali informasi dari gambar yang diamati
Klasikal



-          Informasi singkat tentang lingkungan alam dan buatan
Klasikal



-          Membaca cerita secara bergantiaan dan tanya jawab
Individu



Elaborasi
Klasikal



-          Berdiskusi mengerjakan LKS
Kelompok

Kerja keras

-          Mempresentasikan hasil diskusi
Kelompok

Menghargai prestasi

-          Menanggapi hasil diskusi kelompok lain
Klasikal

Menghargai prestasi

Konfirmasi




-          Memberi penguatan terhadap hasil diskusi
Klasikal


3
Kegiatan Akhir

800


-          Menyimpulkan
Klasikal



-          Evaluasi /refleksi
Individu

Mandiri

-          Pesan Moral / PR
Klasikal

Jujur

-          Menyampaikan pelajaran lanjutan
Klasikal



 IX.            Langkah-langkah Pembelajaran
a.       Proses       : ketaifan, kerjas sama, keberanian, bahasa
b.      Hasil         : LKS, Jawaban soal



LKS (MTK)

Petunjuk ! Diskusikanlah untuk menghitung perkalian berikut !
                                                               3x 5 = . . . . tulis angka  . . . . Simpan angka  . . . .
a.       315
    3 x
. . . .
                                                               3x 5 = . . . .                           = . . . .+   Simpan . . . .
315
    3 x
. . . .
                                                               3x 5 = . . . .
315
    3 x
. . . .

b.      ’32  : 8
  . . .
   ..........


Evaluasi MTK

Jawablah pertanyaan berikut !
1.      35 x 8     = . . .                            3. 59 x 3 = . . .                         5. 456 : 2
2.      64 x 7 =  . . .                              4. 49 : 7
Kunci jawaban
1.      280                                             3. 177                                      5. 228
2.      448                                             4. 7     


Evaluasi (IPS)
Jawablah pertanyaan berikut !
1.      Apa yang harus ada disamping rumah dan jalan, agar aliran air rumah tangga lancar ?
2.      Apa yang harus didirikan warga agar lingkungan nya aman ?
3.      Sebutkan kewajiban kita terhadap lingkungan yang ada di lingkungan kita ?
4.      Mengapa kita harus membersihkan rumah setiap hari ?
5.      Diman ibu sering berbelanja untuk memnuhi kebutuhannya ?


Kunci jawaban
1.      Selokan / saluran air                                                                   4. Agar rumah bersih, nyaman dan aman
2.      Siskamling                                                                                 5. Pasar
3.      Membersihkan dan memelihara



LKS (IPS)


Share this article :

Post a Comment

 
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger