RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SDN 1 Lape
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : V / 1
Alokasi Waktu : 2x45 Menit
Tahun Ajaran : 2012-2013
Standar kompetensi : 1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan
masalah
Kompetensi Dasar : 1.4. Menghitung perpangkatan dan akar sederhana
A. Indikator :
1. Menjelaskan cara penarikan akar pangkat 2 dengan menggunakan konsep
2. Menentukan hasil penarikan akar pangkat 2 dengan menggunakan konsep
B. Tujuan Pembelajaran
Ø Melalui penjelasan guru siswa mampu menyelesaikan soal yang berhubungan dengan penarikan akar pangkat 2 untuk mengembangkan karakter kemandirian,kejujuran dan ketelitian
Ø Melalui diskusi kelompok siswa dapat menyimpulkan cara penarikan akar pangkat dua dengan menggunakan konsep dengan tepat untuk mengembangkan karakter demokratis dan komunikatif
C. Materi Ajar: Penarikan akar pangkat dua
D. Metode/Model Pembelajaran :
a. Metode Pembelajaran : Ceramah,diskusi kelompok,tanya jawab dan pemeberian tugas
b.ModelPembelajaran : PAKEM
E. Langkah-langkah Pembelajaran
Fase/Sintaks | Kegiatan | Karakter |
| Kegiatan Pendahuluan (10 menit) · Kegiatan rutinitas(memberi salam,berdo’a,mengabsen) · Memotivasi siswa dengan cara bercerita mengenai materi pelajaran(kegunaan akar pangkat 2) · Guru menginformasikan tujuan pembelajaran secara lisan atau menuliskannya di papan tulis | |
Orientasi siswa kepada masalah Mengorganisasi siswa untuk belajar Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok Mengembangkan dan menyajikan hasil karya Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah | Kegiatan Inti (70 menit) · Guru menjelaskan konsep penarikan akar pangkat dua · Siswa mendengarkan dan tanya jawab mengenai penjelasan yang disampaikan guru · Guru meminta tiga orang siswa untuk mengerjakan soal di papan tulis · Siswa dibagi ke dalam empat kelompok Eksplorasi: · Setiap kelompok mendapat lembar kerja dari guru · Secara berkelompok siswa mengerjakan lembar tugas yang diberikan guru Elaborasi: · Siswa mendiskusikan bersama teman kelompoknya tugas di lembar kerja yang diberikan guru · Siswa menjawab soal di lembar kerja yang diberikan guru Konfirmasi: · Setelah selesai mengerjakan lembar kerja, guru meminta perwakilan kelompok untuk maju ke depan kelas mempresentasikan hasil kerja kelompoknya · Perwakilan dari masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan kelompok lain menanggapi · Perwakilan dari masing-masing kelompok menempelkan hasil kerja kelompoknya di papan tulis · Siswa bersama guru membandingkan hasil jawaban setiap kelompok yang lebih akurat | rasa ingin tau teliti,kerja keras,mandiri Kerjasama Teliti kerjasama kerja keras kerjasama Ketelitian Demokratis komunikatif kerjasama |
| Kegiatan Penutup (10 menit) · Guru mengevaluasi hasil kerja kelompok · Guru menyimpulkan materi pelajaran · Guru menginformasikan materi pelajaran selanjutnya. · Guru memberikan tugas (PR) mengenai materi yang telah dipelajari · Siswa menyampaikan refleksi mengenai kegiatan belajar · Guru memberikan pesan belajar dan moral | |
F. Alat dan Sumber Belajar
Sumber : Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas V Semester 1
Penerbit Erlangga,Jakarta: Halaman 22-24
Penerbit Erlangga,Jakarta: Halaman 22-24
Media : Karton
G. Penilaian
Teknik : Tes tertulis (essay dan multiple couise) dan Non tes ( kerja sama,komunikatif,teliti,kerja keras,mandiri,jujur dan Demokratis)
Tugas 1
= ...
2. =...
3. =...
4. =...
PR è Kerjakan PR pada buku paket pada halaman 24
Banda Aceh,30 November 2012 Banda Aceh,30 November 2012
Simulator Simulator
Nur Achiar Nurul Husna
Nim. 1106104040004 Nim.1106104040013
Mengetahui :
Dosen Pembimbing
Drs. Fauzi , M.Pd
NIP.195904091986031003
LKS
Diskusikan dan kerjakan bersama dengan teman kelompok mu !
1. = ...
2. =...
adalah...
a. 3
b.10
c.30
d.5
4. adalah ....
a.5
b.6
c.7
d.8
Post a Comment