RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : MTsN Model
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII (Dua) / 2
Materi Pokok : Persamaan linear dua variabel
Sub Materi Pokok :
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x Jam Pertemuan )
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni budaya terkait penomena dan kejadian yang tampak mata).
KI 4: Mencoba,mengolah, dan menyaji, dalam ranah konkret( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori).
B. KOMPETENSI DASAR
1.1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang di anutnya
2.1. Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik ,konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah .
3.2 Menentukan nilai variabel persamaan linear dua variabel dalam konteks nyata
C. Indikator
Indikator dari Kompetensi Dasar
3.2.1 membuat model matematika dari permasalahan sehari- hari yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel
D. Media,alat dan sumber belajar
a. Alat/media: karton, plano, post it, power point.
E. Langkah – langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
v Guru memberi salam dan memeriksa kebersihan ruangan kelas
v Guru memeriksa kehadiran siswa,jika ada siswa yang tidak hadir,guru menanyakan pada siswa yang lain
v Guru membagi siswa menjadi bebrapa kelompok ( 1 kelompok terdiri dari 5-6 orang)
v Guru meminta siswa memilih satu ketua kelompok pada masing – masing kelompok
Guru menginformasikan kepada seluruh siswa bahwa dalam kegiatan pembelajaran akan dilakukan demontrasi jual beli. Ada siswa sebagai si penjual dan ada siswa sebagai si pembeli. Si penjual diberitahu oleh guru tentang harga satuan tiap jenis barang (si penjual tidak boleh memberi tahu kepada si pembeli harga satuan tiap barang). Si penjual hanya menyebutkan jumlah (total) harga barang yang dibeli.
Apersepsi
Mengamati:
· Siswa mengamati demonstrasi yang dilakukan kelompok A
· Siswa membaca buku tentang persamaan linear dua variable hal....
Kegiatan inti :
Menanya:
· Siswa bertanya jawab tentang proses jual beli di pasar (jenis barang, banyaknya barang yang dibeli, dan harga yang harus dibayarkan). Contoh pertanyaan: barang-barang apasaja yang dibeli? Berapa banyak tiap jenis barang yang dibeli? Berapa rupiah yang harus dibayarkan ke sipenjual? Guru dapat mengajukan pertanyaan untuk memancing siswa berpikir lebih lanjut: tahukah kalian berapa harga tiap jenis barang tersebut? Bagaimana cara menghitungnya?
· Siswa bertanya jawab hasil bacaan buku tentang persamaan linear dua variable. Contoh pertanyaannya: …
Mengeksplor/mencoba/mengumpulkan informasi:
· Guru membagika LKS 1
· Siswa mendemontrasikan proses jual beli. Siswa 1 membeli 2 jenis barang dengan jumlah yang berbeda, si penjual menyebutkan total harga yang harus dibayar kepada si pembeli.
· Siswa mendemontrasikan proses jual beli. Siswa 2 membeli 2 jenis barang dengan jumlah yang berbeda, si penjual menyebutkan total harga yang harus dibayar kepada si pembeli.
· Siswa mendemontrasikan proses jual beli. Siswa 3 membeli 2 jenis barang dengan jumlah yang berbeda, namun si penjual TIDAK menyebutkan total harga yang harus dibayar kepada si pembeli.
· Setiap kelompok mencatat proses jual beli tersebut.
· Guru meminta kepada setiap kelompok mendiskusikan untuk menghitung berapa harga tiap satuan yang dibeli oleh pembeli ke 3 yang didasarkan kepada kegiatan pembeli 1 dan pembeli 2.
· Tiap kelompok mendisuksikan LKS 1 (ketika mendiskusikan LKS 1 guru meminta siswa untuk membaca bahan ajar tentang persamaaan linear dua variable)
· Guru mendorong agar tiap siswa aktif dalam mendiskusikan pekerjaan kelompoknya
Menalar/mengasosiasi
· Siswa mendiskusikan jawaban untuk mendapatkan jawaban yang benar dari yang ditanyakan pada soal di atas
Mengkomunikasi:
· Masing-masing kelompok mempresentasikan LKS 1 dengan cara menukarkannya kepada kelompok lain.
· Tiap kelompok mengomentari hasil LKS 1 (hasil kerja kelompok lain) dengan menuliskannnya pada kertas post-it.
· Masing masing LKS 1 di tempelkan pada kertas plano
Kegiatan Penutup
v Guru membimbing siswa menyimpulkan tentang persamaan linear dua variabel
v Setiap kelompok diberikan penghargaan berdasarkan keberhasilan belajar kelompoknya
v Guru mengajukan pertanyaan refleksi
- Bagaimana komentar kamu tentang pelajaran hari ini
- Aktivitas mana yang sudah dan belum di kuasai
v Guru memberikan pekerja rumah (PR)
v Guru menginformasikan bahwa pertemuan berikutnya akan membahas tentang ……
F. Instrumen Penilaian Hasil Belajar
Penilaian Sikap : teknik non tes, bentuk pengamatan dan sikap dalam pembelajaran
Pengetahuan : teknik tes tertulis, bentuk uraian
1. Sikap Spiritual
a. Teknik Penilaian : observasi
b. Bentuk Instrumen : lembar observasi
c. Kisi – kisi :
No | Sikap / nilai | Butir Instrumen |
1 | Mempertebalkan keyakinan terhadap kebesaran Tuhan | 1 ( pendahuluan ) |
2 | Bersyukur atas kebesaran Tuhan | 2 ( pendahuluan ) |
2. Sikap Sosial
a. Teknik Penilaian : tes
b. Bentuk Instrumen : angket
c. Kisi – kisi :
No | Indikator | Butir Instrumen |
1. | Rasa Ingin tahu | ( inti ) |
2 | Percaya diri | ( inti ) |
3 | Ketertarikan terhadap kegunaan matematika dala kehidupan | ( inti ) |
4 | Bertanggung jawab | ( inti ) |
5 | Ketelitian | ( inti ) |
3. Sikap Pengetahuan
a. Teknik Penilaian : tes
b. Bentuk Instrumen : uraian
c. Kisi – kisi :
Langkah – langkah penilaian | skors |
1. Mampu mengubah kalimat sehari-hari menjadi kalimat matematika | 8 |
2. Mampu mendeteksi data yang ada pada soal | 8 |
3. Mampu mengoperasikan alajabar dengan tepat | 65 |
4. Mampu mengambil kesimpulan | 3 |
Total skor | 85 |
Lks 1
Persamaan linear dua variable merupakan persamaan garis lurus yang mengandung dua buah variable/peubah dimana pangkat dari setiap variabel adalah satu.
Contoh :
Ani berbelanja disebuah supermarket. Dia membeli dua jenis barang yang berbeda sabun mandi dan odol gigi. Misalkan dia membeli 3buah sabun mandi dan 1 buah odol gigi. Ani membayar seharga Rp 11.000,-
Dengan kalimat matematika permasalahan diatas dapat ditulis sebagai berikut :
+ = Rp 11.000,-
Misalkan sabun adalah x, dan odol adalah y, kalimat matematikanya adalah :
3x + y = Rp 11.000,-
Untuk selanjutnya siswa diajak untuk memperhatikan simulasi transaksi jual beli yang akan diperagakan oleh salah satu kelompok yang ditunjuk.sementara kelompok yang lain diperintahkan untuk memperhatikan dan mengisi titik – titik dibawah ini, berdasarkan apa yang dilihat dan di dengar dari demonstrasi yang akan dilihat
Pembeli A membeli……. aqua +……. kue dengan jumlah harga Rp……..-
Pembeli B membeli …… aqua +…….. kue dengan jumlah harga Rp……,-
Dapatkah anda menentukan berapa harga yang harus dibayar oleh si pembeli C jika dia
membeli: …..aqua +………kue =Rp………
Dapatkah kalian menentukan berapa jumlah harga yang harus dibayar oleh pembeli C ? jika dapat, berapakah harga yang harus dibayarkan pembeli ke C?( jawab : Rp………..)
Dapatkah kalian menjelaskan bagaimana cara yang kalian lakukan sehingga kalian dapat mengetahui berapa yang harus dibayarkan oleh pembeli C? Jika dapat sebutkan langkah-langkahnya
( Langkah 1 ) : ………………
(Langkah 2 )……………….
(langkah 3)…………………..
------------------ S E L A M A T B E KE R J A ------------------
Lks 2
nama 1.
2.
3.
4.
5.
6.
Ati dan Ita berbelanja di kantin, Ati membeli 2 bolpoin dan 4 buah buku tulis, Ati membayar sejumlah Rp. 16.000,- sedangkan Ita membeli 3 bolpoin dan 2 buku tulis dia membayar Rp.14.000,- Berapakah yang harus dibayar oleh Ida jika dia membeli 5 bolpoin dan 3 buah buku tulis dengan jenis yang sama?
penyelesaian
Diketahui :
Ditanya :
Jawab :
Jadi harga yang harus di bayar oleh si Ida untuk membeli 5 pulpen dan 4 buku adalah sebesar………
Rubrik penilaian pengetahuan
Langkah – langkah penilaian | skors |
1. Mampu mengubah kalimat biasa menjadi kalimat matematika | 8 |
2. Mampu mendeteksi data yang ada pada soal | 8 |
3. Mampu mengoperasikan alajabar dengan tepat | 65 |
4. Mampu mengambil kesimpulan | 3 |
Total skor | 85 |
No | Nama siswa | Langkah – langkah | | |||
1 | 2 | 3 | 4 | skor | ||
1 | | | | | | |
2 | | | | | | |
3 | | | | | | |
4 | | | | | | |
5 | | | | | | |
6 | | | | | | |
7 | | | | | | |
8 | | | | | | |
9 | | | | | | |
10 | | | | | | |
11 | | | | | | |
12 | | | | | | |
13 | | | | | | |
14 | | | | | | |
15 | | | | | | |
16 | | | | | | |
17 | | | | | | |
18 | | | | | | |
19 | | | | | | |
20 | | | | | | |
21 | | | | | | |
22 | | | | | | |
23 | | | | | | |
24 | | | | | | |
25 | | | | | | |
26 | | | | | | |
27 | | | | | | |
28 | | | | | | |
29 | | | | | | |
30 | | | | | | |
31 | | | | | | |
32 | | | | | | |
33 | | | | | | |
Lampiran Penilaian Sikap Spiritual
|
1= Tidak pernah
2= Jarang
3= Sering
4= Selalu
Lampiran: Penilaian Sikap Sosial
Nilai penilaian antar teman dalam kerja kelompok
Nilailah setiap anggota dalma kelompokmu! Berilahh nilai 10 bila sangat baik atau 0 bila sangat jelek, selanjutnya jumlahkan hasil penilaianmu untuk memperoleh nilai masing-masing anggota dalam kelompokmu!
No | Nama Peserta didik | No presensi | Hal yang di nilai | ||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | Total Skor | |||
1 | | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | | |
3 | | | | | | | | | |
4 | | | | | | | | | |
5 | | | | | | | | | |
Keterangan yang dinilai
No | Hal yang di Nilai |
1 | Mendengar pendapat teman lain |
2 | Mengajukan usul, atau memberikan pendapat |
3 | Menyelesaikan tugas dengan baik |
4 | Membantu teman lain yang membutuhkan bantuan |
5 | Selalu fokus saat menyelesaikan tugas |
6 | Antusias dalam menyelesaikan soal terkait kehidupan |
Post a Comment